Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Learning Tournament (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X Farmasi SMK Muhammadiyah 4 Sragen)

Kurnia, Marchita Saesar and , Rita P. Khotimah, S.Si., M.Sc. (2013) Peningkatan Minat Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Strategi Learning Tournament (PTK Pembelajaran Matematika Bagi Siswa Kelas X Farmasi SMK Muhammadiyah 4 Sragen). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (792kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (105kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (47kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN_-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_ILMIAH_PUBLIKASI.pdf

Download (477kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan logika matematika melalui strategi Learning Tournament. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Untuk menjamin keabsahan data digunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan minat dan hasil belajar matematika pada pokok bahasan logika matematika. Hal ini dapat dilihat dari indikator minat 1) mengerjakan pekerjaan rumah (PR) sebelum tindakan 27,28% dan setelah tindakan 93,94%, 2) kemauan siswa untuk mengeluarkan ide / pendapat sebelum tindakan 9,09% dan setelah tindakan 72,73%. Sedangkan indikator hasil belajar siswa yang mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM) ≥ 70 sebelum tindakan (27,28%) dan setelah tindakan (84,85%). Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan di atas dapat disimpulkan bahwa metode Learning Tournament dapat meningkatkan minat dan hasil belajar matematika.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat, hasil belajar, learning tournament
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 07:40
Last Modified: 02 Nov 2021 22:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24976

Actions (login required)

View Item View Item