Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Model Team Assistied Individualization Kolaborasi Dengan Media Keping Warna Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Sewurejo Tahun Pelajaran 2012/2013

Estiningsih, Sulastri and , Dra. Sri Arfiah, SH, M.Pd (2013) Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Menggunakan Model Team Assistied Individualization Kolaborasi Dengan Media Keping Warna Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 02 Sewurejo Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (248kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (425kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (25kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (255kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keaktifan belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat pada siswa kelas IV di SD Negeri 02 Sewurejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Bentuk penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas (PTK), melalui model siklus. Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa dan guru kelas IV di SD Negeri 02 Sewurejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan jumlah siswa 30 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif model siklus yang terdiri dari pemilihan topik studi, mengajukan pertanyaan, pengumpulan data, analisis data, dan penulisan laporan studi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keaktifan belajar Matematika materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat menggunakan model Team Assisted Individualization kolaborasi dengan media keping warna pada siswa kelas IV SD Negeri 02 Sewurejo kecamatan Mojogedang kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Peningkatan keaktifan belajar tersebut dapat dilihat dari aspek: (1) Perhatian siswa terhadap penjelasan guru dari 12 siswa atau 40% sebelum tindakan, meningkat menjadi 25 siswa atau 83% setelah tindakan; (2) Siswa ramai atau mengobrol dengan teman sebangku dari 20 siswa atau 67% sebelum tindakan, berkurang menjadi 4 siswa atau 13% setelah tindakan; (3) Siswa bekerja sama dalam kelompok dari 5 siswa atau 17% sebelum tindakan, meningkat menjadi 26 siswa atau 87% setelah tindakan; (4) Siswa menghargai pendapat teman dari 12 siswa atau 40% sebelum tindakan, meningkat menjadi 26 siswa atau 87% setelah tindakan; (5) Siswa berani mengungkapkan pendapat atau jawaban di muka kelas dari 5 siswa atau 17 sebelum tindakan, meningkat menjadi 25 siswa atau 83% setelah tindakan; (6) Siswa menjawab pertanyaan atau jawaban dari guru dengan mengacungkan jari terlebih dahulu dari 12 siswa atau 40% sebelum tindakan, meningkat menjadi 25 siswa atau 83% setelah tindakan; (7) Siswa bertanya kepada guru ketika ada kesulitan dari 6 siswa atau 20% sebelum tindakan, meningkat menjadi 25 siswa atau 83% setelah tindakan; (8) Siswa bertanya kepada teman yang lebih paham ketika ada materi yang belum diketahui dari 5 siswa atau 17% sebelum tindakan, meningkat menjadi 26 siswa atau 87% setelah tindakan; (9) Siswa menjaga ketertiban kelas dari 18 siswa atau 60% sebelum tindakan, meningkat menjadi 26 siswa atau 87% setelah tindakan; dan (10) Saat penjelasan materi siswa tidak membuat keributan dari 18 siswa atau 60% sebelum tindakan, meningkat menjadi 27 siswa atau 90% setelah tindakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keaktifan belajar, model Team Assisted Individualization, media keping warna
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Jul 2013 07:55
Last Modified: 25 Oct 2021 04:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24963

Actions (login required)

View Item View Item