Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membatik Pada Anak Kelompok B TK Kebak 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013

Kuwawi, Sri and , Dra. Surtikanti, SH, M.Pd. (2013) Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Membatik Pada Anak Kelompok B TK Kebak 02 Kebakkramat Karanganyar Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (551kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kreativitas anak di Taman Kanak-Kanak Kebak 02 Kebakkramat, Karanganyar. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan kegiatan membatik dimana jumlah subyek penelitian 20 anak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini bersifat kolaboratif antara peneliti dan teman sejawat serta kepala sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, wawancara catatan lapangan dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis komparatif. Berdasarkan hasil penelitian terjadi pengembangan kreativitas anak dari prasiklus sebesar 46,75%, kemudian berkembang menjadi 63,3% pada siklus I dan berkembang menjadi 82,3% pada siklus II sehingga indikator pencapaian kreativitas telah tercapai. Anak dapat mengikuti pembelajaran dalam kegiatan membatik dalam kelompok dan di saat yang sama kondisi tersebut mengakibatkan seluruh indikator kemampuan kreativitas dapat ditingkatkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, kegiatan membatik
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jul 2013 11:43
Last Modified: 29 Oct 2021 06:53
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24886

Actions (login required)

View Item View Item