Setyaningsih, Sri Rahayu and , Drs Sutan Syahrir Zabda, M.H, (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Melipat Kertas Lipat Pada Anak Kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida Lalung Kabupaten Karanganyar Tahun Pelajaran 2012-2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (283kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (445kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (512kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (499kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (391kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (440kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (387kB) |
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mengembangkan kemampuan motorik halus pada anak kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida Lalung, Kabupaten Karanganyar tahun pelajaran 2012/2013 melalui kegiatan melipat kertas lipat. Penelitian ini dilaksanakan selama 3 bulan mulai bulan Maret sampai Mei 2013 dengan menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A Raudhatul Athfal Perwanida Lalung. Data yang dikumpukan berupa kegiatan melipat kertas lipat pada anak kelompok A pada Raudhatul Athfal Perwanida. Data dianalisis dengan metode komparatif Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perkembangan kemampuan motorik halus anak dari Siklus I sampai dengan Siklus II. Rata-rata persentase pencapaian kemampuan motorik halus anak meningkat berturut-turut dari prasiklus, sikus I hingga siklus II 41,36% menjadi 64,58%, dan akhirnya menjadi 87,16%. Sedangkan jumlah anak yang tuntas belajar atau mencapai prosentase keberhasilan sebesar 80% adalah 0 (0%) anak di prasiklus, 2 (14,29%) anak di siklus I dan di siklus II meningkat menjadi 12 (85,72%) anak. Dengan demikian didapat kesimpulan dari penelitian ini bahwa jumlah anak yang mencapai persentase pencapaian telah memenuhi indikator pencapaian yaitu apabila sekurangnya 80% anak mampu mencapai persentase pencapaian sebesar 80%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | melipat, kertas lipat, kemampuan motorik halus |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 17 Jul 2013 08:32 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 22:21 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24868 |
Actions (login required)
View Item |