Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Sedayu Jumantono Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013

Marsiti, Marsiti and , Drs. Sutan Syahrir Zabda, SH,MH., (2013) Upaya Mengembangkan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Kartu Angka Dan Gambar Pada Anak Kelompok B TK Aisyiyah Sedayu Jumantono Karanganyar Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (215kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (422kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (111kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (185kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (107kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (42kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengembangkan kemampuan berhitung melalui media kartu angka dan gambar bagi anak kelompok B pada Taman Kanak-kanak Aiyiyah Sedayu Jumantono. Penelitian ini dilaksanakan dengan melalui media kartu angka dan gambar, dengan jumlah anak 15 anak. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Observasi dipergunakan untuk melihat keaktifan anak saat pembelajaran berhitung menggunakan metode kartu angka dan gambar serta pengumpulan gambar-gambar saat pembelajaran berhitung. Dokumentasi dipergunakan untuk mengumpulkan data tentang perkembangan kemampuan berhitung permulaan anak. Data yang digunakan adalah data kualitatif yaitu perbandingan prosentase melalui siklus-siklus. Berdasarkan hasil perhitungan tiap siklus tentang mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui media kartu angka dan gambar diperoleh hasil pada prasiklus 41.88%, siklus I 63.13%, siklus II 81.25%. Dengan demikian upaya mengembangkan kemampuan berhitung permulaan melalui kartu angka dan gambar pada anak kelompok B Taman Kanak-kanak Aisyiyah Sedayu Kecamatan Jumantono Kabupaten Karanganyar tahun ajaran 2012/2013 dikatakan berhasil karena keberhasilan yang ditargetkan 80% ternyata pada siklus II sudah melebihi dari target yaitu 83.59%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kartu angka dan gambar, berhitung permulaan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 17 Jul 2013 08:13
Last Modified: 01 Nov 2021 02:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24866

Actions (login required)

View Item View Item