Haryanti, Wiwin Tri and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange Dengan Media Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIIB SMP Negeri 2 Selogiri Wonogiri Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00_hal_depan.pdf Download (972kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01_bab_satu.pdf Download (168kB) |
|
PDF (Bab II)
02_bab_dua.pdf Restricted to Repository staff only Download (276kB) |
||
PDF (Bab III)
03_bab_tiga.pdf Restricted to Repository staff only Download (113kB) |
||
PDF (Bab IV)
04_bab_empat.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
||
PDF (Bab V)
05_bab_lima.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (267kB) |
|
PDF (Lampiran)
07_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
08_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (665kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar hasil belajar Biologi siswa kelas VIIB dengan menggunakan strategi Group to Group Exchange dengan media Mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran Group to Group Exchange dengan media Mind mapping yang dilakukan dalam dua siklus. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis data perkembangan siswa dari siklus I sampai dengan siklus II melalui empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sumber data diperoleh dari hasil belajar siswa (aspek afektif) mata pelajaran Biologi dan pengamatan sikap siswa selama proses pembelajaran berlangsung (aspek afektif) antara peneliti dan kolaborator. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar di setiap siklus. Banyaknya siswa yang mencapai nilai KKM (≥70) sebelum tindakan sebanyak 6 siswa (27,2%), siklus I meningkat menjadi 12 siswa (54,5%) dan siklus II sebanyak 21 siswa (91,3%). Peningkatan keaktifan siswa dalam keberanian bertanya pada siklus II sebesar 56,52%, menjawab pertanyaan sebesar 89,95%, menanggapi pernyataan/jawaban sebesar 47,82%, dan memperhatikan penjelasan guru/teman sebesar 78,26%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Group to Group Exchange dengan media Mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar Biologi pada aspek kognitif dan afektif siswa kelas VIIB SMPN 2 Selogiri Wonogiri tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi Pembelajaran Group to Group Exchange, Mind mapping, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 16 Jul 2013 07:14 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 22:47 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24823 |
Actions (login required)
View Item |