Perbandingan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dengan Pembelajaran Konvensional Ditinjau Dari Hasil Belajar Biologi Di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013

Oktavia, Yeni and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Perbandingan Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences Dengan Pembelajaran Konvensional Ditinjau Dari Hasil Belajar Biologi Di SMP Negeri 2 Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (511kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (23kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (110kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (964kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VIII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kartasura khususnya kelas VIII. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih dua kelas secara acak (random) dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama yaitu kelas eksperimen VIIIB menerapkan pembelajaran multiple intelligences dan kelas kedua yaitu kelas kontrol VIIIG menerapkan pembelajaran konvensional. Pada penelitian ini menerapkan 3 materi yang berbeda yaitu fotosintesis, gerak pada tumbuhan dan hama penyakit pada tumbuhan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode dokumentasi dan metode tes. Analisa data menggunakan uji statistika Independent Sample T-test melalui program SPSS 17.0 for Windows. Hasil nilai selisih skor postest-pretest siswa menggunakan pembelajaran multiple intelligences sebesar (26,77±7,66) lebih tinggi dari pada selisih skor postest-pretest menggunakan konvensional sebesar (17,00±5,56). Hasil uji hipotesis bahwa terlihat nilai thitung (5,741) lebih besar dari ttabel (1,999), maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran multiple intelligences dan konvensional. Nilai afektif dan psikomotor yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai pembelajaran multiple intelligences lebih tinggi dari nilai pembelajaran konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan hasil belajar antara pembelajaran multiple intelligences dengan konvensional. Pembelajaran multiple intelligences memperoleh skor rata-rata kognitif, afektif dan psikomotor lebih tinggi dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: multiple intelligences, konvensional, hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 16 Jul 2013 06:34
Last Modified: 03 Nov 2021 22:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24819

Actions (login required)

View Item View Item