Lisnawati, Reni and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Implementasi Pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual) Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Microsoft Power Point Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Struktur Dan Fungsi Jaringan Tumbuhan Kelas VIII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf Download (466kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf Download (21kB) |
|
PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (45kB) |
||
PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (24kB) |
||
PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
||
PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (11kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (275kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada aspek kognitif dan aspek afektif melalui Implementasi Pendekatan SAVI (Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual ) dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menggunakan Media Microsoft power point interaktif pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan. Subjek pelaksanaan tindakan adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 26 siswa. Dari penelitian ini diharapkan dapat mencapai peningkatan hasil belajar aspek kognitif sebesar 80 % dan afektif sebesar 70 % dari 26 siswa. Hasil belajar kognitif siswa sebelum dilaksanakan Penelitian Tindakan dari 26 siswa hanya 7 siswa yang dapat mencapai nilai KKM. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan nilai belajar siswa aspek kognitif pada siklus I prosentase ketuntasan 77% dengan rata -rata nilai 75,8, pada siklus II prosentase ketuntasan meningkat menjadi 92,3% dengan nilai rata-rata menjadi 83,07. Hasil belajar aspek afektif pada siklus I dari siswa bertanya 38,4 %, siswa menjawab 46,1 %, siswa bertanggung jawab 65,4 %, siswa disiplin 69,2 %, pada siklus II prosentase siswa bertanya 73 %, siswa menjawab 88,4 %, siswa bertanggung jawab 96,2 %, siswa disiplin 84,6%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Implementasi Pendekatan SAVI ( Somatis, Auditory, Visual, dan Intelektual ) dengan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) menggunakan Media Microsoft power point interaktif dapat meningkatkan aspek kognitif dan aspek afektif pada materi struktur dan fungsi jaringan tumbuhan kelas VIII F SMP Negeri 1 Nguntoronadi tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendekatan SAVI, Model Pembelajaran TGT, Microsoft power point interaktif, Struktur dan Fungsi Jaringan Tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 07:34 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:27 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24782 |
Actions (login required)
View Item |