Asih, Leni Duwi and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pada Materi Organisasi Kehidupan Melalui Strategi Pembelajaran Guided Note Taking Siswa Kelas VII D Semester I SMP Negeri 3 Jatinom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._Halaman_Depan.pdf Download (514kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (122kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (82kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (52kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (49kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._Lampiran-Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._Naskah_Publikasi.pdf Download (299kB) |
Abstract
Salah satu upaya meningkatkan keberhasilan belajar biologi yaitu dengan pembelajaran aktif dimana siswa melakukan sebagian besar pekerjaan yang harus dilakukan. Sesuai dengan perumusan masalah maka penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar biologi padamateri Organisasi Kehidupan melalui strategi pembelajaran Guided Note Taking siswa kelas VII D Semester I SMP Negeri 3 Jatinom Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi dan evaluasi dengan strategi pembelajaran Guided Note Taking yang dilakukan dalam dua siklus. Penelitian dilakukan dengan penilaian kognitif dan perilaku afektif dalam setiap siklusnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif yaitu dengan cara menganalisis data perkembangan siswa pada siklus I dan siklus II dilengkapi dengan analisis rata-rata nilai kognitif dan nilai afektif. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I, ranah kognitif = 71,71 atau meningkat sebesar 10 dari nilai awal; dan ranah afektif = 12,40 (aktif). Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II, ranah kognitif = 78,81 (berhasil) atau meningkat sebesar 6,10 dari siklus I; ranah afektif = 14,59 (sangat aktif) atau meningkat sebesar 25 dari siklus I. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar biologi menggunakan strategi pembelajaran Guided Note Taking pada materi Organisasi Kehidupan siswa kelas VII D SMP Negeri 3 Jatinom Tahun Ajaran 2012/2013 pada penilaian aspek kognitif dan aspek afektif
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | hasil belajar, strategi pembelajaran guided note taking |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 15 Jul 2013 07:06 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:24 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24779 |
Actions (login required)
View Item |