Analisis Keselarasan Letak Bangunan Dan Pemanfaatan Lahan Terhadap Peraturan Sempadan Sungai Menggunakan Citra Satelit Quickbird (Kasus Sepanjang Sungai Code, Kota Yogyakarta)

Setyadi, Anton and , Dr. H. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si. and , Jumadi, S.Si. M.Sc. Ph.D (2013) Analisis Keselarasan Letak Bangunan Dan Pemanfaatan Lahan Terhadap Peraturan Sempadan Sungai Menggunakan Citra Satelit Quickbird (Kasus Sepanjang Sungai Code, Kota Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (359kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (280kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (73kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (425kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di daerah permukiman di sepanjang bantaran Sungai Code Kota Yogyakarta dengan tujuan mengetahui pemanfaatan lahan, mengetahui letak bangunan permukiman dan non- permukiman dan mengetahui keselarasan antara batas sempadan sungai dengan letak bangunan serta pemanfaatan lahannya. Metode dilakukan dengan melakukan interpretasi citra penginderaan jauh (Citra Quickbird). Penelitian dilakukan dengan mengkaji kesesuaian letak bangunan permukiman dengan aturan sempadan sungai yang telah ditetapkan dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum/Per.Men.PU No. 63/PRT/Tahun 1993. Penentuan wilayah berdasarkan jarak sempadan Sungai Code Kota Yogyakarta kemudian pengukuran dengan menggunakan GPS melakukan plot bangunan yang terletak pada wilayah sempadan sungai analisis data. Analisis data yang digunakan adalah overlay lahan permukiman dan wilayah sempadan Sungai Code yang bertujuan menyelaraskan letak bangunan permukiman berdasarkan aturan sempadan sungai. Jumlah bangunan yang terletak atau dibangun pada jarak 3 m dari tepi sungai adalah 470 bangunan, pada jarak 10 m dari tepi sungai berjumlah 1.034 bangunan, pada jarak 15 m sebanyak 1.493 bangunan dan pada jarak 100 m dari tepi sungai sebanyak 7.569 bangunan. Pemanfaatan bangunan di sempadan Sungai Code sebagai rumah mukim (sekitar 90%) dan sisanya dimanfaatkan untuk industri rumah tangga, pertokoan, sekolah, tempat ibadah, dan jasa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keselarasan Letak Bangunan, Pemanfaatan Lahan, Sempadan Sungai
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2013 06:44
Last Modified: 09 Nov 2021 12:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24777

Actions (login required)

View Item View Item