Uji Kadar Gula Dan Vitamin C Pada Yoghurt Susu Sapi Boyolali Dengan Penambahan Air Kelapa Muda (Cocos nucifera) Dan Ekstrak Buah Sirsak (Annona muricata)

Sepyani, Anita and , Dra. Aminah Asngad, M.Si (2013) Uji Kadar Gula Dan Vitamin C Pada Yoghurt Susu Sapi Boyolali Dengan Penambahan Air Kelapa Muda (Cocos nucifera) Dan Ekstrak Buah Sirsak (Annona muricata). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (100kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (128kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (222kB)

Abstract

Yoghurt merupakan suatu produk olahan minuman dari hasil fermentasi. Penelitian ini menggunakan susu sapi Boyolali sebagai bahan utama dalam pembuatan yoghurt dengan penambahan air kelapa dan ekstrak buah sirsak. Kandungan gula maksimun 5,1 % air kelapa muda. Kandungan glukosa yang cukup tinggi dalam air kelapa dapat dimanfaatkan untuk mensubstitusikan air kelapa dalam membuat yoghurt yang difermentasikan oleh Lactobacillus bulgaricus. Kandungan vitamin C pada buah sirsak yaitu 20 mg/ 100 gram daging buah merupakan antioksidan yang sangat baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa kadar gula dan kadar vitamin C pada yoghurt susu sapi Boyolali dengan penambahan air kelapa muda dan ekstrak buah sirsak. Penelitian ini menggunakan rancangan acak lengkap (RAL) dan menggunakan dua faktorial yaitu air kelapa muda dan ekstrak buah sirsak dengan jumlah 9 perlakuan dengan konsentrasi air kelapa muda 0 (kontrol), 55, dan 75 ml sedangkan konsentrasi ekstrak buah sirsak 0 (kontrol), 55, dan 75 ml. Kadar vitamin C tertinggi pada penambahan ekstrak buah sirsak 75 ml (perlakuan A2S2) yaitu sebesar 16.00 mg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak konsentrasi ekstrak buah sirsak maka semakin tinggi pula kandungan vitamin C yang dihasilkan dalam yoghurt susu sapi Boyolali. Kadar gula tertinggi pada penambahan air kelapa 75 ml (perlakuan A2S2) yaitu sebesar 29.83 mg. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak konsentrasi air kelapa maka semakin tinggi pula kandungan gula yang dihasilkan dalam yoghurt susu sapi Boyolali.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: susu sapi Boyolali, yoghurt, air kelapa muda, ekstrak buah sirsak, uji vitamin C, uji gula
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Jul 2013 11:28
Last Modified: 03 Nov 2021 20:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24751

Actions (login required)

View Item View Item