Fatmawati, Eli and , Dra. Suparti, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Tipe Inside Outside Circle Dengan Tipe Bamboo Dancing Pada Materi Ekositem Kelas VII MTs N Surakarta II Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (843kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (93kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (149kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (50kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (72kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (511kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan antara Metode Inside Outside Circle dengan Metode Bamboo Dancing terhadap hasil belajar Biologi siswa kelas VII MTs N Surakarta II Tahun Ajaran 2012/1013. Pengambilan sampel penelitian ini berjumlah 123 siswa yang berasal dari 3 kelas yaitu kelas VII C dan kelas VII E sebagai kelas Eksperimen dan kelas VII F sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Pengambilan data hasil belajar dengan menggunakan uji instrumen soal yang diperoleh 25 item soal yang valid dan layak digunakan sebagai tes kemampuan akhir (post test). Analisis data dengan menggunakan uji validitas dan reabilitas. Untuk uji hipotesis menggunakan anava satu jalan (One Way Anova). Hasil uji hipotesis menunjukan Fhitung (28,016) lebih besar dari Ftabel (3,07) didapat dari taraf signifikan 0,05 dengan (df=2,120) sebesar 3,07 maka dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak artinya terdapat perbedaan yang signifikan terhadap ketiga kelas perlakuan. Dengan melihat nilai rata-rata post test menggunakan metode Inside Outside Circle (70,15), metode Bamboo Dancing (63,17) dan Kontrol (53,59). Dari nilai rata-rata tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi pada materi Ekosistem dengan menggunakan metode Inside Outside Circle lebih tinggi dibandingkan dengan metode Bamboo Dancing dan Kontrol sehingga metode Inside Outside Circle lebih tepat digunakan dalam pembelajaran biologi.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Inside Outside Circle, Metode Bamboo Dancing, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 12 Jul 2013 10:08 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:08 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24741 |
Actions (login required)
View Item |