Pemakaian Tindak Tutur Komisif Dalam Wacana Reklame Di Daerah Surakarta: Tinjauan Pragmatik

Qodriyatun, Nurul and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Pemakaian Tindak Tutur Komisif Dalam Wacana Reklame Di Daerah Surakarta: Tinjauan Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (395kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (280kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (523kB)

Abstract

Secara umum, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta, (2) mendeskripsikan maksud yang terkandung dalam wacana reklame di daerah Surakarta, (3) mendeskripsikan strategi tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa, tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta. Sumber data penelitian ini berupa wacana reklame di daerah Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, simak, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) bentuk tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta dari 60 data ditemukan tindak tutur komisif sebanyak 83 tuturan. Tindak tutur komisif menawarkan sebanyak 60 tuturan dan tindak tutur komisif menjanjikan sebanyak 23 tuturan. Tindak tutur komisif menawarkan dikelompokkan menjadi dua yaitu tindak tutur komisif menawarkan produk sebanyak 27 tuturan dan tindak tutur komisif menawarkan jasa sebanyak 33 tuturan. (2) Maksud tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta, semuanya mengandung maksud yang ingin disampaikan penuturnya yaitu menawarkan dan menjanjikan barang atau jasa yang sedang dipromosikan perusahaan ataupun perorangan. (3) Strategi dalam penelitian ini ditemukan tindak tutur komisif langsung menawarkan produk sebanyak 27 tuturan dengan modus ajakan, tindak tutur komisif langsung menawarkan jasa sebanyak 33 tuturan dengan modus ajakan, dan tindak tutur komisif tidak langsung menjanjikan sebanyak 23 tuturan dengan modus ajakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tindak tutur, tindak tutur komisif, reklame
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 Jul 2013 07:07
Last Modified: 31 Oct 2021 01:19
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24728

Actions (login required)

View Item View Item