Qodriyatun, Nurul and , Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum (2013) Pemakaian Tindak Tutur Komisif Dalam Wacana Reklame Di Daerah Surakarta: Tinjauan Pragmatik. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf Download (395kB) |
|
|
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf Download (19kB) |
|
PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (54kB) |
||
PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (26kB) |
||
PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (11kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (8kB) |
|
PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (523kB) |
Abstract
Secara umum, tujuan penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan bentuk tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta, (2) mendeskripsikan maksud yang terkandung dalam wacana reklame di daerah Surakarta, (3) mendeskripsikan strategi tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan bersifat deskriptif. Data dalam penelitian ini berupa, tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta. Sumber data penelitian ini berupa wacana reklame di daerah Surakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, simak, dan catat. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan ekstralingual. Hasil penelitian yang diperoleh: (1) bentuk tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta dari 60 data ditemukan tindak tutur komisif sebanyak 83 tuturan. Tindak tutur komisif menawarkan sebanyak 60 tuturan dan tindak tutur komisif menjanjikan sebanyak 23 tuturan. Tindak tutur komisif menawarkan dikelompokkan menjadi dua yaitu tindak tutur komisif menawarkan produk sebanyak 27 tuturan dan tindak tutur komisif menawarkan jasa sebanyak 33 tuturan. (2) Maksud tindak tutur komisif dalam wacana reklame di daerah Surakarta, semuanya mengandung maksud yang ingin disampaikan penuturnya yaitu menawarkan dan menjanjikan barang atau jasa yang sedang dipromosikan perusahaan ataupun perorangan. (3) Strategi dalam penelitian ini ditemukan tindak tutur komisif langsung menawarkan produk sebanyak 27 tuturan dengan modus ajakan, tindak tutur komisif langsung menawarkan jasa sebanyak 33 tuturan dengan modus ajakan, dan tindak tutur komisif tidak langsung menjanjikan sebanyak 23 tuturan dengan modus ajakan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | tindak tutur, tindak tutur komisif, reklame |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 11 Jul 2013 07:07 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 01:19 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24728 |
Actions (login required)
View Item |