Listiyono, Tri and , Drs. Suyahman, M.Si., M.H. (2013) Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka Dalam Menumbuhkan Sikap Bela Negara Bagi Siswa Kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gatak Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (680kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (107kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (211kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (247kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf Download (90kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (283kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka dalam menumbuhkan Sikap Bela Negara bagi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gatak Tahun Pelajaran 2012/2013. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, yaitu hasil temuannya tidak diperoleh melalui prosedur statistik. Data penelitian ini dikumpulkan melalui informan atau narasumber serta tempat dan peristiwa ketika berlangsungnya kegiatan ekstrakulikuler kepramukaan tersebut. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara terstruktur, dan dokumen. Penelitian ini menggunakan dua macam trianggulasi yaitu pertama, trianggulasi sumber data yang berupa informasi dari Kepala Sekolah, Pembina Pramuka, siswa kelas VII. Kedua, teknik pengumpulan data yang berasal dari hasil observasi dan wawancara. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa, 1. upaya dalam menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan dan NKRI serta mengamalkan Pancasila terjadi pada saat melakukan ibadah, menghargai agama lain, dan berdoa bersama sebelum kegiatan, 2. upaya dalam menolong sesama hidup dan ikut serta dalam membangun masyarakat dalam hal membiasakan saling membantu antar sesama teman baik materiil maupun spiritual, senior membantu junior dalam hal pembinaan Kepramukaan, 3. menepati Dasadarma Pramuka dengan baris-berbaris, halang rintang, Wide Game, upacara, kegiatan perkemahan, sholat berjamaah, bergaul dengan teman, bertutur kata dengan sopan, bermusyawarah, menolong tanpa pamrih dan kegiatan-kegiatan Pramuka yang lain, 4. Kendala-kendala yang dihadapi dari Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka dalam menumbuhkan sikap bela Negara bagi siswa kelas VII yaitu diantaranya yang paling utama adalah kerajinan dan kehadiran siswa dalam mengikuti kegiatan Pramuka khususnya untuk siswa yang laki-laki, 5. mengatasi kendala-kendala Implementasi Trisatya Gerakan Pramuka dalam menumbuhkan sikap bela Negara bagi siswa kelas VII Sekolah Menengah Pertama Negeri 2 Gatak Tahun pelajaran 2012/2013. pemberian sanksi dan pengarahan kepada siswa yang tidak masuk, sanksi tesebut hanya sebatas hukuman ringan.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Trisatya Gerakan Pramuka, Sikap Bela Negara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 11:45 |
Last Modified: | 26 Oct 2021 00:13 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24719 |
Actions (login required)
View Item |