Lestari, Wahyu and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Perbedaan Pembelajaran Sfae Dengan Tgt Disertai Concept Map Ditinjau Dari Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VII Semester II Di MTs N Surakarta 1 Tahun 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf Download (319kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (145kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (172kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (302kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (55kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (99kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (166kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi yang menggunakan pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan TGT (Teams Games Tournament) disertai Concept Map pada pokok materi ekosistem siswa kelas VII MTs N Surakarta 1 dilihat dari hasil belajar siswa. Kelas yang digunakan dalam penelitian tiga kelas yang dipilih dengan uji matching. Kelas yang digunakan dalam penelitian diberi pembelajaran yang berbeda dan menerapkan 3 materi yang berbeda. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, metode test dan metode angket. Analisa data menggunakan uji statistik One-Way ANOVA. Rata-rata hasil belajar kelas TGT disertai Concept Map sebesar 77,13 lebih tinggi daripada kelas yang menggunakan pembelajaran SFAE sebesar 67,18 dan konvensional sebesar 60,95. Dari hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung > Ftabel yaitu 50, 073 > 3,08 maka, H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran TGT disertai Concept Map , SFAE dan pembelajaran konvensional. Hasil Uji Lanjut Anova pembelajaran TGT disertai Concept Map dan SFAE diperoleh 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran TGT disertai Concept Map dan kelas kontrol 0,000 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan SFAE disertai Concept Map dan kontrol 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan hasil belajar dari ketiga kelas eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Terdapat perbedaan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan pembelajaran TGT disertai concept map dengan perolehan rata-rata hasil belajar paling tinggi dari kelas yang lain yaitu 77,13 dibandingkan kelas dengan pembelajaran SFAE (67,18) dan kelas kontrol (60,94).
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Student Facilitator and Explaining, Teams Games Tournament, Concept Map, Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 10:49 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24706 |
Actions (login required)
View Item |