Puspitasari, Rini and , Drs. Slamet HW, M.Pd (2013) Pengaruh Kedisiplinan Belajar Dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Cawas Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
1._cover.pdf Download (576kB) |
|
|
PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf Download (138kB) |
|
PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (198kB) |
||
PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (480kB) |
||
PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (376kB) |
||
PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (189kB) |
|
PDF (Lampiran)
8._lampiran_total.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
10._naskah_publikasi.pdf Download (451kB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Cawas Tahun 2012/ 2013; (2) Pengaruh lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas VIII SMP N 2 Cawas Tahun 2012/ 2013; (3) Pengaruh kedisiplinan belajar dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP N 2 Cawas Tahun 2012/2013. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIIA-VIIIF SMP N 2 Cawas Tahun 2012/ 2013. Sampel dalam penelitian ini diambil 70 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket dan metode dokumentasi. Prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan linearitas. Sedangkan uji hipotesis yang digunakan adalah regresi linear ganda, uji t, uji F, uji determinasi, dan sumbangan relatif dan efektif. Persamaan regresi linear ganda yang diperoleh yaitu: Persamaan menunjukkan bahwa hasil belajar dipengaruhi oleh kedisiplinan belajar dan lingkungan belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) kedisiplinan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,199524 > 1,960. (2) Lingkungan belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji t diperoleh thitung > ttabel, yaitu 2,195294 > 1,960. (3) Kedisiplinan belajar dan lingkungan belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan uji F diketahui bahwa H0 ditolak, karena Fhitung > Ftabel, yaitu 6,407746 > 3,15. (4) Variabel kedisiplinan belajar memberikan sumbangan efektif 8,040595%. Variabel lingkungan belajar memberikan sumbangan efektif 8,015802%, jadi total sumbangan efektif adalah sebesar 16,056397%, sedangkan 83,943603% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kedisiplinan belajar, lingkungan belajar, dan hasil belajar matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 08:16 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:30 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24701 |
Actions (login required)
View Item |