An Nisaa’, An Nisaa’ and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Two Stay Two Stray (Tsts) Dengan Think Pair Share (TPS) Pada Siswa Kelas VII SMPN 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00.HAL_DEPAN.pdf Download (285kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01.BAB_I.pdf Download (153kB) |
|
PDF (Bab II)
02.BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
||
PDF (Bab III)
03.BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (415kB) |
||
PDF (Bab IV)
04.BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) |
||
PDF (Bab V)
05.BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (83kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06.DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (170kB) |
|
PDF (Lampiran)
07.LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
08.NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (352kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara pembelajaran kooperatif two stay two stray (TSTS) dan think pair share (TPS)pada siswa kelas VII SMPN 2 Kartasura sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian true eksperimen dengan post test design Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 2 Kartasura. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini dipilih tiga kelas secara acak (random). Kelas pertama VIIA menerapkan pembelajaran think pair share, kelas kedua VIIC menggunkan pembelajaran two stay two stray, dan kelas ketiga menerapkan pembelajaran konvensional (ceramah). Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, indeks kesukaran soal, daya beda soal dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (one way anova) melalui SPSS 16.0 for Windows. Hasil nilai rata-ratapost test siswa menggunakan pembelajaran think pair share sebesar 80,56 lebih baik dari pembelajaran two stay twu stray sebesar 78,20 dan konvensional sebesar 76,89. Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (7,560) lebih besar dari Ftabel (3,082), maka H0 ditolak sehingga terdapat perbedaan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran two stay two stray, think pair share dan konvensional. Hasil uji lanjut anova pembelajaran TSTS dan TPS 0,016 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran TPS dan kontrol 0,000<0,05, maka H0 ditolak maka terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran TSTS dan kontrol 0,175>0,05, maka H0 diterima jadi tidak ada perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunujukan bahwa nilai pembelajaran TPS lebih tinggi dari nilai pembelajaran TSTS dan konvnsional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu pembelajaran TPS dengan nilai rata-rata 80,56 lebih efektif daripada pembelajaran TSTS dengan nilai rata-rata 78,20.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Two Stay Two Stray, Think Pair Share, Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 08:07 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:03 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24699 |
Actions (login required)
View Item |