Nugroho, Firman Ady and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Dra. Nining Setyaningsih, M.Si (2013) Peningkatan Minat Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Materi Pythagoras Dengan Menggunakan Software Geogebra (PTK Siswa Kelas VIII D Semester I SMP N 1 Musuk Tahun Ajaran 2012/2013). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf Download (779kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (24kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (486kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (80kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (9kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf Download (452kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar terhadap pemahaman konsep materi Pythagoras pada siswa kelas VIII DSMP Negeri 1 Musuk dengan dengansoftware GeoGebra. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VIII D SMP N 1 Musuk yang berjumlah 35 siswa, dan subjek pemberi tindakan adalah guru matematika kelas VIII D SMP N 1 Musuk. Metode pengumpulan data dilakukan melalui observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan model alur, yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatkan minat belajardanpemahamankonsepmateri Pythagoras, hal ini dapat dilihat dari peningkatan indikator-indikator minat belajar dan pemahaman konsep, yaitu: (1) menjawab pertanyaan meningkat dari 20,0% menjadi 68,6%, (2) meyampaikan gagasan meningkat dari 25,7% menjadi 71,4% (3) siswa dapat menyatakan konsep ulang Pythagoras meningkat dari 48,6% menjadi 88,6% (4) siswa dapat memberikan contoh dan noncontoh Pythagoras meningkat dari 22,6% menjadi 71,4% (5) siswa dapat menerapkan Pythagoras dalam kehidupan sehari – hari meningkat dari 22,6% menjadi 74,3%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan software GeoGebra dapat meningkatkan minat belajar terhadap pemahaman konsep materi Pythagoras pada siswa kelas VIII D SMP N 1 Musuk.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | minat belajar, pemahaman konsep, software GeoGebra |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 07:50 |
Last Modified: | 01 Nov 2021 22:28 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24697 |
Actions (login required)
View Item |