Artharina, Agung Hidayah and , Drs. Djumadi, M.Kes (2013) Perbedaan Strategi Card Sort Dengan Index Card Match Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
00._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (377kB) |
|
|
PDF (Bab I)
01._BAB_I.pdf Download (151kB) |
|
PDF (Bab II)
02._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (423kB) |
||
PDF (Bab III)
03._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (426kB) |
||
PDF (Bab IV)
04._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (161kB) |
||
PDF (Bab V)
05._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (85kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
06._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (87kB) |
|
PDF (Lampiran)
07._Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
08._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (385kB) |
Abstract
Pembelajaran merupakan usaha sadar dan disengaja oleh guru untuk membuat siswa belajar dengan jalan mengaktifkan faktor intern dan faktor ekstern dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui efektifitas antara penggunaan strategi card sort dengan index card match ditinjau dari hasil belajar siswa kelas VII. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 2 Kartasura Sukoharjo. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 8 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas VII B sebagai kelas eksperimen I (card sort), kelas VII D sebagai kelas eksperimen II (index card match) dan kelas VII E sebagai kelas kontrol (konvensional). Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, dokumentasi dan postest. Teknik analisis data menggunakan uji statistika one-way anova melalui program SPSS 16.0 for windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran index card match sebesar (83,95±7,8) lebih tinggi dari pada menggunakan card sort sebesar (80,14±5,99) dan konvensional sebesar (79,59±8,46). Hasil uji hipotesis terlihat bahwa nilai Fhitung (3,777) lebih besar dari Ftabel (3,08), maka H0 ditolak yang berarti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran eksperimen yaitu pembelajaran card sort, index card match dan konvensional. Hasil uji lanjut anova pada pembelajaran index card match dan card sort 0,03<0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran index card match dengan konvensional 0,013<0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran card sort dengan konvensional 0,757>0,05, maka H0 diterima jadi tidak ada perbedaan. Nilai yang diperoleh menunjukkan bahwa nilai pembelajaran index card match lebih tinggi dari card sort dan konvensional. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada perbedaan penggunaan pembelajaran antara strategi card sort dengan index card match. Pembelajaran yang berbeda terlihat dari hasil analisis aspek afektif dan kognitif yaitu index card match sedangkan card sort dengan konvensional adalah sama terhadap siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | index card match, card sort, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Jul 2013 07:55 |
Last Modified: | 03 Nov 2021 20:02 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24694 |
Actions (login required)
View Item |