Lusianingrum, Dheta and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Pembelajaran Snowball Throwing Dan Bermain Jawaban Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Teras Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (27kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (46kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (8MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (808kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen pendidikan yang bertujuan untuk mengetahui perbandingan hasil belajar Biologi menggunakan pembelajaran snowball throwing dan bermain jawaban pada siswa kelas VII SMP N 1 Teras tahun ajaran 2012/2013. Kelas yang digunakan dalam penelitian dipilih tiga kelas secara acak (random) dengan menggunakan pembelajaran yang berbeda. Kelas pertama VIIG menerapkan pembelajaran snowball throwing, kelas kedua VIID menerapkan pembelajaran bermain jawaban, dan kelas ketiga VIIE menerapkan pembelajaran konvensional (kontrol). Pada penelitian ini menerapkan 3 materi yang berbeda yaitu ekosistem, pelestarian keanekaragaman hayati, dan kepadatan populasi manusia. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes dan metode dokumentasi. Analisa data menggunakan uji statistika One-Way ANOVA melalui program SPSS 15.0 for Windows. Hasil nilai rata-rata postest siswa menggunakan pembelajaran Snowball Throwing sebesar (80,00±6,61) lebih tinggi dari pada menggunakan pembelajaran bermain jawaban sebesar (74,17±7,99) dan konvensional sebesar (75,78±8,57). Hasil uji hipotesis bahwa terlihat nilai Fhitung (4,80) lebih besar dari Ftabel (3,09). Nilai Ftabel diperoleh dari nilai taraf signifikansi 5% (df=2,93) yaitu sebesar (3,09), maka H0 ditolak berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga pembelajaran yang diterapkan antara pembelajaran snowball throwing, bermain jawaban, dan konvensional. Hasil uji lanjut anova LSD dalam pembelajaran snowball throwing dan bermain jawaban 0,00 < 0,05, maka H0 ditolak jadi terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran snowball throwing dan konvensional 0,03<0,05, maka H0 ditolak maka terdapat perbedaan. Perbandingan pembelajaran bermain jawaban dan konvensional 0,40<0,05, maka H0 diterima jadi tidak terdapat perbedaan. Nilai afektif yang diperoleh menunujukan bahwa nilai pembelajaran snowball throwing lebih tinggi dari nilai pembelajaran bermain jawaban dan konvensional. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini yaitu ada perbedaan hasil belajar Biologi menggunakan pembelajaran snowball throwing dan bermain jawaban pada siswa kelas VII SMP N 1 Teras tahun ajaran 2012/2013, pembelajaran yang berbeda ada pada pembelajaran snowball throwing.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | snowball throwing, bermain jawaban, hasil belajar. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 12:00 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 23:23 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24677 |
Actions (login required)
View Item |