Evaluasi Sistem Akuntansi Pertanggungjawaban Tradisional Koperasi Simpan Pinjam Batra Mandiri Kabupaten Banjarnegara Tahun 2011

Nuraini, Maretafish Fellah and , Dra.Titik Asmawati, S.E, M.Si and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2013) Evaluasi Sistem Akuntansi Pertanggungjawaban Tradisional Koperasi Simpan Pinjam Batra Mandiri Kabupaten Banjarnegara Tahun 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (245kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (895kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I_.pdf

Download (28kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (74kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (180kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi akuntansi pertanggungjawaban tradisional di KSP Batra Mandiri Kabupaten Banjarnegara yang berjalan selama tahun 2011. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah laporan keuangan, laporan realisasi anggaran, serta dokumen pendukung lain yang berhubungan dengan akuntansi pertanggungjawaban, objek penelitian ini adalah akuntansi pertanggungjawaban pada KSP Bata Mandiri Kabupaten Banjarnegara. Sumber data yang dimanfaatkan dalam penelitian ini meliputi: manajer dan karyawan KSP Batra Mandiri. Teknik pengumpulan data dengan dokumentasi dan wawancara. Keabsahan data dengan teknik trianggulasi data, trianggulasi metode,reviu informan dan trianggulasi teori. Teknik Analisis data dengan teknik analisis interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan 1) Penetapan tanggungjawab KSP Batra Mandiri sudah diberikan dengan jelas yang tertuang dalam Job Discription yang mengacu pada pedoman standar operasional manajemen koperasi simpan pinjam dan unit simpan pinjam koperasi dari menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Republik Indonesia. KSP Batra Mandiri bekerja secara tim sehingga tidak membentuk pusat-pusat pertanggungjawaban. 2) Standar pengukuran kinerja yang digunakan adalah prosedur standar kerja, standar realisasi pinjaman dan RAPB. Standar realisasi pinjaman masih terlalu tinggi dan perlu dikaji ulang. 3) Pelaksanaan penilaian kinerja sudah dilaksanakan oleh KSP Batra mandiri dengan unsur penilaian laporan pertanggungjawaban RAPB dan realisasi pinjaman. 4) Pemberian penghargaan pada KSP Batra Mandiri sudah dilaksanakan. Pemberian penghargaan yang dilaksanakan adalah promosi jabatan, kenaikan gaji dan bonus tambahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: akuntansi pertanggungjawaban
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 09 Jul 2013 10:52
Last Modified: 29 Oct 2021 06:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24667

Actions (login required)

View Item View Item