Muzaimah, Erlin and , Drs. Sofyan Anif, M.Si (2013) Perbedaan Hasil Belajar Biologi Menggunakan Strategi Pembelajaran Card Sort Dan Index Card Match Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Kartasura Sukoharjo Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (530kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (22kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab IV)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (120kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (13kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (14kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (289kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi setelah menggunakan strategi pembelajaran Card Sort dan Index Card Match siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian True Experiment, bentuk desain Postest-Only Control Design. Populasi adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura. Sampel penelitian ini menggunakan tiga kelas, 2 kelas eksperimen yaitu kelas VIII A sebagai eksperimen I (menggunakan Card Sort), kelas VIII F sebagai eksperimen II (menggunakan Index Card Match) dan kelas VIII C sebagai kelas control (tanpa perlakuan). Tehnik penentuan sampel menggunakan random sampling. Tehnik pengumpulan data dengan dokumentasi dan tes tertulis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, derajat kesukaran soal, daya beda dan untuk pengujian hipotesis dengan anova satu jalan (One Way Anova). Hasil pengujian hipotesis menggunakan α=5% menunjukkan Fhitung (16,450) lebih besar dari Ftabel (3,093). Ftabel diperoleh dari nilai tabel F apada taraf signifikan 5% dengan (df=2, 94) yaitu sebesar 3,093 maka H0 ditolak, yang berarti dari uji hipotesis anova satu jalan diperoleh hasil bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara ketiga kelompok pembelajaran. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil postest siswa menggunakan Index Card Match lebih tinggi (86,72) dibanding dengan Card Sort (78,75) dan kontrol (73,79) hal ini didukung pula berdasar penilaian aspek afektif siswa pada pembelajaran menggunakan Index Card Match lebih tinggi daripada Card Sort dan kontrol. Disimpulkan bahwa penggunaan strategi pembelajaran Index Card Match lebih baik yaitu 86,72 dibanding dengan Card Sort (78,75) dan konvensional (73,79) untuk materi gerak tumbuhan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kartasura Sukoharjo tahun ajran 2012/2013.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | card sort, index card match, hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 09 Jul 2013 06:17 |
Last Modified: | 31 Oct 2021 23:12 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24646 |
Actions (login required)
View Item |