Pemanfaatan Daun Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Dan Batang Serai (Andropogon nardus L) Untuk Insektisida Alami Pembasmi Kutu Beras (Sitophilus oryzae)

Oktavia, Nita and , Dra. Hariyatmi, M.Si (2013) Pemanfaatan Daun Jeruk Nipis (Citrus aurantifolia) Dan Batang Serai (Andropogon nardus L) Untuk Insektisida Alami Pembasmi Kutu Beras (Sitophilus oryzae). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (50kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (15kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) mengandung bahan beracun yang disebut limonoida. Tanaman serai (Andropogon nardus L) yang dapat dimanfaatkan sebagai pengusir serangga karena mengandung zat-zat seperti geraniol, metil heptenon, terpen-terpen, terpenalkohol, asam-asam organik dan terutama sitronela oleh karena itu perlu dilakukan suatu penelitian yang bertujuan untuk mengkaji daya ekstrak daun jeruk dan batang serai tersebut terhadap perkembangan serangga kutu beras Sitophilus oryzae. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui kegunaan daun jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan batang serai (Andropogon nardus L) sebagai insektisida alami pembasmi kutu beras. untuk mengetahui pengaruh jeruk nipis (Citrus aurantifolia) dan batang serai (Andropogon nardus L) untuk insektisida alami pembasmi kutu beras. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) anava dua jalur dengan kombinasi 9 perlakuan dan 3 ulangan. Parameter yang diukur adalah waktu kematian kutu beras. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu kematian tercepat pada perlakuan J3S3 daun jeruk nipis 15 ml dan batang serai 15 ml dengan waktu kematian 6,35 jam. Pada perlakuan J1S1 daun jeruk nipis 5 ml dan batang serai 5ml dengan waktu kematian 11,40 jam waktu paling lama kutu beras mati. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa insektisida alami daun jeruk nipis dan batang serai berpengaruh terhadap pembasmian kutu beras.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Daun jeruk nipis, Batang serai, Waktu kematian kutu beras
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Jul 2013 10:58
Last Modified: 31 Oct 2021 23:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24634

Actions (login required)

View Item View Item