Makna Ambiguitas Slogan Iklan Sepeda Motor Di Televisi

Purwanti, Dwi and , Dra. Atiqa Sabardila, M. Hum. and , Drs. Andi Haris Prabawa, M.Hum. (2013) Makna Ambiguitas Slogan Iklan Sepeda Motor Di Televisi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._Halaman_Depan.pdf

Download (310kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (103kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (137kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (115kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (263kB)

Abstract

Kajian ini berusaha mencari kemungkinan pemaknaan yang muncul dari iklan yang memiliki sifat ambigu itu dan mengetahui jenis-jenis ambiguitas yang dimungkinkan dimiliki oleh iklan-iklan di televisi antara makna konvensional dan makna kontekstual dari slogan iklan sepeda motor ditelevisi. Data yang berupa slogan diolah dengan menggunakan pendekatan semantik dan pragmatik dalam tiga tahapan metode, yakni tahap pengumpulan data, tahap analisis data, dan tahap pemaparan hasil analisis data. Data diperoleh dengan menggunakan metode simak dengan teknik sadap dan teknik catat dari beberapa tayangan di televisi. Hasil analisis makna ambiguitas dari slogan iklan sepeda motor di televisi ini menunjukkan bahwa ada dua penafsiran yaitu secara konvensional ada 11 iklan merek sepeda motor yaitu sepeda motor Yamaha, Suzuki, Honda. Penafsiran secara kontekstual dari slogan-slogan iklan sepeda motor di televisi yang mengandung ambiguitas 11 motor merek Yamaha, Suzuki, Honda. Namun demikian, pemilihan penafsiran makna ini tampaknya tidak bermasalah bagi pemirsa karena proses ambiguitas terjadi secara seketika sehingga hanya ada satu penafsiran yang mungkin dikenakan kepada slogan iklan tersebut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Ambiguitas, Iklan, Slogan, Televisi
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 01 Jul 2013 11:11
Last Modified: 31 Oct 2021 00:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24596

Actions (login required)

View Item View Item