Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013

Dewi, Citra Kumala and , Drs. Saring Marsudi, S.H. M.Pd (2013) Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Menyelesaikan Soal Cerita Melalui Strategi Pembelajaran Numbered Head Together (Nht) Siswa Kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (Min) Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (828kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (165kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (639kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (758kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (177kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (499kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika menyelesaikan soal cerita melalui strategi pembelajaran Numbered Head Together (NHT). Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas VB Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Surakarta yang berjumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika pada materi Bangun Datar dan Bangun Ruang. Hal ini dapat dilihat dari perolehan indikator pencapaian motivasi. Indikator pencapaian motivasi pada siklus I dan siklus II yaitu: 1) Siklus I siswa yang senang dengan kegiatan pembelajaran yang menarik mencapai 65,38 %, siklus II mencapai 86,96%, 2) Siklus I siswa yang merasa nyaman dengan lingkungan belajar yang kondusif mencapai 73,08 %, siklus II mencapai 73,91%, 3) Siklus I siswa yang antusias dalam menerima pelajaran mencapai 65,38 %, siklus II mencapai 91,30%, 4) Siklus I Siswa yang mempunyai kemauan mendengarkan penjelasan guru mencapai 53,84 %, siklus II mencapai 82,61%, 5) Siklus I siswa yang berani menjawab pertanyaan dari guru atau siswa lain mencapai 49,99 %, siklus II mencapai 78,26%, 6) Siklus I siswa mempunyai kemauan mengerjakan soal latihan yang diberikan guru mencapai 80,76 %, siklus II mencapai 100%. Hasil tes tertulis yang dilakukan sebelum dan sesudah penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa. Sebelum di berikan tindakan kelas, hasil belajar siswa hanya mencapai KKM 38,46%, kemudian pada siklus I meningkat menjadi 76,52% sedangkan di akhir tindakan hasil belajar siswa mencapai KKM sebesar 87,15%. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dalam pembelajaran Matematika dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi Numbered Head Together (NHT), Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Edy Susilo
Date Deposited: 28 Jun 2013 11:06
Last Modified: 31 Oct 2021 08:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24572

Actions (login required)

View Item View Item