Aplikasi Sistem Informasi Geografi Untuk Pemetaan Zona Ancaman Bahaya Longsorlahan (Landslide) Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri

Ulhaq, Muhammad Jundullah Dzia and , Dr. H. Kuswaji Dwi Priyono, M.Si. and , Jumadi, S.Si., M.Sc. (2013) Aplikasi Sistem Informasi Geografi Untuk Pemetaan Zona Ancaman Bahaya Longsorlahan (Landslide) Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (827kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (211kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (228kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (39kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian dilakukan di Kecamatan Selogiri Kabupaten Wonogiri dengan tujuan memetakan sebaran zona ancaman bahaya longsorlahan dan agihannya serta mengidentifikasi upaya pengurangan risiko longsorlahan oleh masyarakat. Metode pengharkatan dilakukan terhadap parameter–parameter longsorlahan, yang meliputi kemiringan lereng, penggunaan lahan, curah hujan dan tekstur tanah yang telah dikalikan dengan nilai bobot dan konstanta masing-masing parameter untuk dilakukan proses overlay, kemudian dilakukan survey untuk pengambilan titik sampel pada zona ancaman bahaya longsorlahan yang dianalisis berdasarkan unit bentuklahan kemudian dihitung agihannya dan analisis sampel pengurangan risiko longsorlahan oleh masyarakat berdasarkan questioner yang telah dibuat. Hasil penelitian menunjukan sebaran ancaman bahaya longsor rendah berada pada bentuklahan F1 dan F2 dengan luas 3.019,05 ha dengan presentase 58,79%. Bahaya sedang pada bentuklahan S2 dengan luas 15,08 ha dengan presentase 0,29%, dan S1 berada pada ancaman bahaya tinggi mempunyai luas 2.102.39 ha mempunyai presentase 41%.Upaya pengurangan risiko oleh masyarakat yaitu menanam tanaman tertentu yang berakar kuat, mengetahui lamanya bulan basah dan bulan kering, pembuatan drainase, pengolahan tanah dengan baik secara manual pada lereng terjal, membuat sistem pengairan berupa irigasi dan pengembangan komoditi pada lahan daerah penelitian.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Longsorlahan, Ancaman Bahaya dan Pengurangan Risiko
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 28 Jun 2013 07:38
Last Modified: 07 Nov 2021 14:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24567

Actions (login required)

View Item View Item