Ketidakadilan Gender Dalam Novel Ibu Saya Dipoligami Karya Fatma Elly: Tinjauan Sastra Feminis Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA

Yuniarti, Ika and , Dr. Nafron Hasyim (2013) Ketidakadilan Gender Dalam Novel Ibu Saya Dipoligami Karya Fatma Elly: Tinjauan Sastra Feminis Dan Implementasinya Dalam Pembelajaran Sastra Di SMA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER-ABSTRAK.pdf

Download (685kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (205kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (74kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (449kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) mendeskripsikan unsur-unsur struktur yang membangun novel Ibu Saya Dipoligami karya Fatma Elly, dan (2) mendeskripsikan bentuk ketidakadilan gender dalam novel Ibu Saya Dipoligami karya Fatma Elly. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan strategi embedded and case study research (studi kasus terpancang). Objek penelitian ini adalah aspek gender dalam novel Ibu Saya Dipoligami. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa teknik pustaka, teknik simak dan catat. Teknik validitas data dalam penelitian ini adalah teknik trianggulasi teoritis. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode pembacaan model semiotik yakni pembacaan heuristik dan hermeneutik. Hasil analisis struktural menunjukkan bahwa tema dalam novel Ibu Saya Dipoligami adalah mengenai berbagi cinta (poligami) di atas berbagai kepentingan diri. Penokohan dalam novel Ibu Saya Dipoligami, Ibu sebagai tokoh utamanya dan Ayah, Kak Arif serta Ima sebagai tokoh tambahan. Alur dalam novel Ibu Saya Dipoligami yaitu alur maju. Latar waktu pada novel Ibu Saya Dipoligami bergulir selama 46 tahun, yaitu semenjak Ibu dilahirkan hingga Ibu meninggal. Latar tempat pada novel Ibu Saya Dipoligami adalah rumah Ibu, rumah paman dan bibi tiri, pasar, taman, rumah istri ketiga, dan rumah sakit. Latar sosial dalam novel Ibu Saya Dipoligami adalah kehidupan kota yang modern, kehidupan keluarga kaya. Hasil analisis ketidakadilan gender dengan tinjauan sastra feminis dalam novel Ibu Saya Dipoligami meliputi subordinasi perempuan, stereotipe perempuan, kekerasan terhadap perempuan, beban kerja perempuan. Implementasi ketidakadilan gender dalam novel Ibu Saya Dipoligami dalam pembelajaran sastra di SMA dapat dikaitkan dengan standar kompetensi membaca berdasarkan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI semester 1. Standar kompetensi ini menuntut siswa untuk memahami berbagai hikayat, novel Indonesia/ novel terjemahan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: ketidakadilan gender, novel Ibu Saya Dipoligami dan kritik sastra feminis.
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Jun 2013 12:16
Last Modified: 31 Oct 2021 00:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24503

Actions (login required)

View Item View Item