PENGARUH TUNTUTAN PROFESIONALISME DI ERA GLOBALISASI TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENEMPUH PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (Study Kasus pada Mahasiswa di Surakarta, Semarang dan Yogyakarta)

Irmawati, Tunjung (2008) PENGARUH TUNTUTAN PROFESIONALISME DI ERA GLOBALISASI TERHADAP MINAT MAHASISWA UNTUK MENEMPUH PENDIDIKAN PROFESI AKUNTANSI (Study Kasus pada Mahasiswa di Surakarta, Semarang dan Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF
B200040018.pdf

Download (75kB)
[img] PDF
B200040018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (424kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh antara kepemilikan skill, knowledge dan kharakteristik di era globalisasi terhadap pilihan mahasiswa dalam menempuh pendidikan profesi akunatansi (PPA). Sehingga dari hasil penelitian diharapkan dapat digunakan masukan tentang pentingnya menempuh pendidikan profesi akuntansi untuk meningkatkan kualitas dimasa mendatang bagi para mahasiswa dan dapat digunakan sebagai wacana untuk pembuatan ataupun penyesuaian kurikulum agar sesuai dengan kebutuhan bagi para penyelenggara pendidikan profesi akuntansi (PPA). Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan alat analisis regresi linier berganda. Populasi dalam penelitian ini adlah seluruh mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi pdari pergutruan tinggi di Surakarata, Semarang dan Yogyakarta baik perguruan tinggi Negeri maupun Swasta, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah 100 mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi dari perguruan tinggi di Surakarta, Semarang, dan Yogyakarta baik perguruan tinggi Negeri maupun Swasta dengan purposive sampling sebagai teknik pengambilan sampel. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa variabel skill (x1) diperoleh nilai thitung = 3,507 > 1,985 ; sehingga Ho ditolak, artinya skill berpengaruh signifikan terhadap minat menempuh pendidikan profesi akuntansi pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi, variabel knowledge (X2) diperoleh nilai thitung = 2,319 > 1,985; sehingga Ho ditolak, artinya knowledge berpengaruh signifikan terhadap minat menempuh pendidikan profesi akuntansi pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi dan variabel characteristic (X3) diperoleh nilai thitung = 3,416 > 1,985; sehingga Ho ditolak, artinya characteristic berpengaruh signifikan terhadap minat menempuh pendidikan profesi akuntansi pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi. Hasil perhitungan F statistik diperoleh Fhitung = 27, 290 > 2,68; sehingga Ho ditolak, artinya skill, knowledge, dan characterisric bersama-sama berpengaruh signifikan terhaadap minat menempuh pendidikan profesi akuntansi pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi adapun dengan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,460 berarti minat menempuh pendidikan profesi akuntansi pada mahasiswa fakultas ekonomi jurusan akuntansi 46% dapat dijelaskan oleh skill, knowledge, dan characteristic, sedangkan sisanya sebesar 54% dapat dijelaskan oleh variabel yang lain diluar model.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: skill, knowledge, characteristic, minat dalam menempuh pendidikan profesi akuntansi.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Jun 2009 02:53
Last Modified: 02 Feb 2011 06:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2445

Actions (login required)

View Item View Item