Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013

Tiyana, Aris and , Drs.Sriyono,M.Pd and , Dr.Suyatmini,SE.,M.Si (2013) Hasil Belajar Siswa Ditinjau Dari Motivasi Belajar Dan Lingkungan Sekolah Pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (381kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (528kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (121kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (118kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran-Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, 2) pengaruh lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa, 3) pengaruh motivasi belajar dan lingkungan sekolah terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII jurusan IPS SMP Negeri 3 Colomadu Tahun Ajaran 2012/2013 berjumlah 225 siswa dengan sampel sebanyak 149 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode angket yang telah diujicobakan dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier ganda, uji t, uji F, sumbangan efektif dan sumbangan relatif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y=55,739 + 0,329X1 + 0,243X2 , artinya hasil belajar siswa dipengaruhi oleh motivasi belajar dan lingkungan sekolah. Berdasar analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 2,292 sehingga thitung > ttabel atau 2,292 > 1.960 < 0,05 yaitu 0,023. (2) lingkungan sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 2,389 sehingga thitung > ttabel atau 2,389 > 1.960 < 0,05 yaitu 0,018. (3) motivasi belajar dan lingkungan sekolah secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas VIII jurusan ips SMP Negeri 3 Colomadu Tahum Ajaran 2012/2013. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 7,047 lebih besar dari Ftabel (3,06) pada taraf signifikansi 5%. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,88, berarti 8,80% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh variabel motivasi belajar dan lingkungan sekolah, sisanya sebesar 91,2% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: motivasi, lingkungan, hasil
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Jun 2013 11:45
Last Modified: 29 Oct 2021 01:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24429

Actions (login required)

View Item View Item