Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Akademik Mahasiswa Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan Tahun 2002-2003

PARWARI, SANTIKA DIAN (2004) Pengaruh Minat Menjadi Guru Dan Lingkungan Keluarga Terhadap Hasil Akademik Mahasiswa Pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan Tahun 2002-2003. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (532kB)
[img]
Preview
PDF (Abstrak)
ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (523kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (570kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (516kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (518kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) pengaruh minat menjadi guru terhadap hasil akademik mahasiswa; (2) pengaruh lingkungan keluarga terhadap hasil akademik mahasiswa; (3) pengaruh minat menjadi guru terhadap hasil akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UMS Surakarta Angkatan Tahun 2002-2003. Sampel sebanyak 90 mahasiswa, diambil dari 150 mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2002-2003 FKIP UMS. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Data minat menjadi guru dan lingkungan keluarga diambil menggunakan angket, sedangkan hasil akademik mahasiswa diambil menggunakan teknik dokumentasi. Data dianalisis menggunakan uji analisis regresi linier ganda. Hasil analisis menunjukkan adanya pengaruh minat menjadi guru dan lingkungan keluarga terhadap hasil akademik mahasiswa. Kesimpulan yang diambil adalah: (1) Minat menjadi guru berpengaruh positif terhadap hasil akademik mahasiswa. Terbukti dari hasil analisis regresi memperoleh F hitung sebesar 24,451 lebih besar daru F tabel = 3,95 pada taraf signifikansi 5%; (2) Lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap hasil akademik mahasiswa. Terbukti dari hasil analisis regresi memperoleh F hitung sebesar 42.116 lebih besar daru F tabel = 3,95 pada taraf signifikansi 5%; (3) Minat menjadi guru dan lingkungan keluarga berpengaruh positif terhadap hasil akademik mahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi FKIP UMS Surakarta Angkatan Tahun 2002-2003. Terbukti dari hasil analisis regresi memperoleh F hitung sebesar 36,190 lebih besar daru F tabel = 3,12 pada taraf signifikansi 5%;

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: minat menjadi guru, lingkungan keluarga, hasil akademik
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 13 Jun 2013 11:56
Last Modified: 13 Jun 2013 11:56
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24415

Actions (login required)

View Item View Item