Elawati, Anna Nur and , Dr. Suyatmini, SE, M.Si (2013) Penerapan Strategi Pembelajaran Dua Tinggal Dua Tamu (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Ekonomi Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publiksi.pdf Download (368kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (7MB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_I.pdf Restricted to Repository staff only Download (61kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (51kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (845kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (16kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (60MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas ini adalah dengan penerapan strategi pembelajaran dua tinggal dua tamu (two stay two stray) untuk meningkatkan minat dan hasil belajar ekonomi pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sambi Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refleksi, dan evaluasi dengan menggunakan strategi pembelajaran dua tinggal dua tamu (two stay two stray) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang bertujuan untuk memperoleh data peningkatan minat dan hasil belajar ekonomi siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, dokumentasi, wawancara, metode tes, dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan model interaktif yang terdiri 3 kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran dua tinggal dua tamu (two stay two stray) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar ekonomi yang dapat dilihat dari meningkatnya indikator minat dan hasil belajar ekonomi yang meliputi: 1) siswa tertarik pada pelajaran sebelum tindakan 21,87% dan setelah tindakan 80,64%, 2) siswa konsentrasi dalam belajar sebelum tindakan 15,62% dan setelah tindakan 71%, 3) siswa teliti dalam belajar sebelum tindakan 9,37% dan setelah tindakan 77,42%, 4) siswa ulet dalam belajar sebelum tindakan 6,25% dan setelah tindakan 67,74%, 5) siswa yang nilainya mencapai KKM sebelum tindakan 31,25% setelah tindakan 83,87%. Simpulan penelitian penerapan strategi pembelajaran dua tinggal dua tamu (two stay two stray) dapat meningkatkan minat dan hasil belajar ekonomi siswa.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dua tinggal dua tamu (two stay two stray), minat belajar, hasil belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Jun 2013 12:39 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 03:42 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24410 |
Actions (login required)
View Item |