Erwanto, Heru (2013) Studi Tentang Prestasi Belajar Ditinjau Dari Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Mata Kuliah Dasar Akuntansi Keuangan I Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (896kB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (101kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (176kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (234kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (280kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Registered users only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftarpustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (73kB) |
|
|
PDF (NAskah publikas)
02._NASKAH_PUBLIKASI_ILMIAH.pdf Download (507kB) |
|
|
PDF (Lampiran)
10._Lampiran-lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) pengaruh fasilitas belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 1, 2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 1, 3) pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 1. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS angkatan 2011/2012 yang berjumlah 190 mahasiswa dengan sampel sebanyak 123 mahasiswa yang diambil dengan teknik proporsional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan dokumentasi. Uji yang digunakan sebelum analisis data adalah uji validitas dan uji reliabilitas. Setelah itu dianalisis dengan uji normalitas, linearitas, regresi linear berganda, uji t, uji F, Uji R2, sumbangan relatif, dan sumbangan efektif. Berdasar hasil analisis data diperoleh persamaan regresi linier ganda sebagai berikut Y = 9,923 + 0,348 X1 + 0,247 X2, artinya prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh fasilitas belajar dan motivasi belajar. Berdasarkan analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: (1) fasilitas belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel fasilitas belajar sebesar 3,142 sehingga thitung > ttabel atau 3,142 > 1,980 dengan nilai signifikansi 0,002<0,05. (2) motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa. Hal ini terbukti berdasarkan hasil perhitungan thitung untuk variabel motivasi belajar sebesar 2,144 sehingga thitung > ttabel atau 2,144 > 1,980 dengan nilai signifikansi 0,034<0,05. (3) fasilitas belajar dan motivasi belajar secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 1 FKIP-UMS Progdi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2011/2012. Hal ini terbukti dari hasil uji F yang memperoleh Fhitung sebesar 77,658>Ftabel (3,072) dengan nilai signifikansi 0,000<0,05. (4) Hasil perhitungan untuk nilai R2 sebesar 0,564, berarti 56,4 % prestasi belajar mahasiswa pada mata kuliah DAK 1 dipengaruhi oleh variabel fasilitas belajar dan motivasi belajar, sisanya sebesar 43,6 % dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak ikut dalam penelitian ini.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 12 Jun 2013 11:55 |
Last Modified: | 12 Jun 2013 11:55 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24408 |
Actions (login required)
View Item |