Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Laboratorium Rumah Sakit Umum Islam Yakssi Gemolong Sragen

Kusumaningrum, Ambarsari and , Rina Trisnawati, Dra., M.Si., Akt., Ph.D and , Ahmad Mardalis, SE.,MBA (2013) Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di Laboratorium Rumah Sakit Umum Islam Yakssi Gemolong Sragen. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
PDF_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (230kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (946kB)
[img] PDF (Bab I)
BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
HALAMAN_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana kualitas layanan yang terdiri dari dimensi tangible (nyata), reliability (keterandalan), responsiveness (cepat tanggap), assurance (jaminan), dan empathy (empati) mempengaruhi kepuasan pelanggan. Sampel yang digunakan sebanyak 100 masyarakat yang menggunakan jasa Laboratorium RSUI Yakssi Gemolong Sragen selama masa pengamatan. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi berganda, uji t, uji F, dan uji determinasi. Sebelum dilakukan analisis data terlebih dahulu dilakukan pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial kualitas pelayanan yaitu tangible dan reliability terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan responsiveness, assurance, dan empathy tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pasien. Variabel tangible merupakan variabel yang paling dominan dibandingkan dengan variabel lainnya. Oleh karena itu pihak manajemen perlu meningkatkan hal-hal yang terkait dengan tangible seperti kelengkapan peralatan, kebersihan , kerapihan dan kenyamanan ruangan dan lingkungan, kerapihan dan kebersihan petugas, dan area parkir yang cukup memadai dan aman.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: tangible, reliability, responsiveness, assurance, empathy, dan kepuasan pelanggan
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Manajemen
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2013 12:02
Last Modified: 26 Oct 2021 03:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24372

Actions (login required)

View Item View Item