Upaya meningkatkan keberanian bertanya siswa dalam pengajaran biologi di Madrasah Tsanawiyah negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2002/2003

HARTATI, SRI (2003) Upaya meningkatkan keberanian bertanya siswa dalam pengajaran biologi di Madrasah Tsanawiyah negeri Gondangrejo tahun pelajaran 2002/2003. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (871kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (849kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (921kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (976kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (840kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (839kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (860kB)

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menemukan pola tindakan guru dalam meningkatkan keberanian siswa bertanya saat belajar mengajar khususnya pada pelajaran biologi. Adapun yang menjadi subyek penelitian yaitu siswa kelas II D di Madarasah Tsanawiyah Negeri Gondangrejo, sedang guru mitra action research yaitu guru biologi di kelas II D. Prosedur penelitian yang digunakan yaitu mengacu pada metodologi action research, maka pada penelitian tindakan kali ini menggunakan prosedur : (a) penetapan fokus masalah penelitian yang melalui tes diagnosis yang berupa angket, (b) menyusun perencanaan tindakan, (c) impelementasi tindakan, (d) refleksi dan analisis data. Untuk mengkaji hasil implementasi perencanaan program monitoring penelitian dan refleksi penelitian pada setiap pelaksanaan penelitian tindakan kelas (PTK). Dengan beberapa fokus penelitian yaitu (a) upaya menghilangkan rasa minder, malu, atau takut yang dapat menghambat pada keberanian bertanya siswa (b) perlu adanya motivasi bertanya siswa melalui dorongan motivasi belajar pada siswa, (c) penggunaan metode mengajar yang dapat mengembangkan ketrampilan siswa untuk bertanya. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan: 1). Upaya menghilangkan rasa minder yang dapat menghambat pada keberanian bertanya siswa yang dapat diantisipasi melalui a. menumbuhkan motivasi berprestasi dengan melalui (1) memupuk sikap percaya diri, (2) membudayakan kompetisi sebagai motivasi berprestasi, b. mempelajari dan menggunakan macam-macam pertanyaan, c. menumbuhkan kreatifitas pada siswa. 2). Penggunaan metode mengajar yang dapat mengembangkan ketrampilan siswa bertanya. Yaitu melalui ketrampilan bertanya dasar dan ketrampilan bertanya lanjut.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Keberanian bertanya siswa, Pengajaran biologi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 05 Jun 2013 12:28
Last Modified: 05 Jun 2013 12:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24363

Actions (login required)

View Item View Item