Hubungan Antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kebumen

Syatyawati, Riska and , dr. Burhanudin Ichsan, M.Med,Ed.,M.Kes. and , dr. Nur Mahmudah (2013) Hubungan Antara Status Gizi dengan Prestasi Belajar Anak Sekolah Dasar di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kebumen. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (283kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I_.pdf

Download (46kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (361kB)

Abstract

Latar Belakang. Anak sebagai aset SDM dan generasi penerus perlu diperhatikan kehidupannya. Dalam upaya mencapai prestasi belajar yang optimal, siswa dihadapkan berbagai masalah dan kendala, status gizi harus diupayakam untuk meningkatkan prestasi belajar. Kecukupan gizi dan pangan merupakan salah satu faktor terpenting dalam pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia menjadi lebih maksimal. Metode. Penelitian ini menggunakan metode observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan di SD Negeri 2 Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kabupaten Kebumen 27 Februari 2013. Besar sampel adalah 73 responden kelas 4 dan 5. Variabel penelitian meliputi : status gizi dan prestasi belajar. Data status gizi diperoleh dengan IMT. Data dari prestasi belajar menggunakan nilai rapor. Uji statistik yang digunakan adalah uji Chi square. Hasil. Proporsi anak dengan prestasi belajar baik lebih banyak pada anak dengan status gizi baik dibandingkan dengan anak yang mempunyai status gizi tidak baik ( 61,64 % vs 12,33 % dengan p = 0,001 ; p < 0,05), sehingga Ho ditolak H1 diterima yang artinya terdapat hubungan antara status gizi dengan prestasi belajar anak. Kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara status gizi dengan prestasi belajar anak sekolah dasar di Desa Grenggeng Kecamatan Karanganyar Kebumen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Status Gizi, prestasi belajar
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: Users 13 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2013 11:45
Last Modified: 03 Nov 2021 14:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24354

Actions (login required)

View Item View Item