Mahmud, Mahmud and , Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom and , Dr. Samino, M.M. (2013) Peran Pengawas TK/SD/SDLB Dalam Membina Guru Terhadap Peningkatan Kompetensi Guru Di Gugus Melati Kec. Sumberlawang. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (254kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (872kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (146kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (248kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (193kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (212kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang (1) Untuk menggambarkan peta kompetensi dan kinerja guru, 2) Untuk mendeskripsikan Program pengawas guna peningkatan kompetensi guru, 3) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembinaan pengawas terhadap guru, 4) Untuk mendeskripsikan evaluasi terhadap pelaksanaan pembinaan guru. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Dalam menentukan subyek penelitian, peneliti memakai purposive sampling yaitu menentukan cuplikan dengan pertimbangan tertentu yang dipandang dapat memberikan data secara maksimal. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara etnografi (wawancara bebas, penggalian budaya), catatan‐catatan dan rekaman wawancara. Penelitian dilaksanakan di Gugus Melati Kec. Sumberlawang. Untuk menguji keabsahan data peneliti menggunakan beberapa tehnik: perpanjangan keikutsertaan, ketekunan/keajegan pengamatan, trianggulasi data, dan member check, sedangkan tehnik analisis data dengan menggunakan model analisis data tertata dalam situs. Dalam menguji teori menggunakan pendekatan induksi analitik. Data yang diperoleh dikumpulkan dan dianalisis untuk dikembangkan berdasarkan apa yang diberikan oleh informan dengan menggunakan analisis kualitatif yang terdiri dari tiga kegiatan yaitu reduksi data, verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Kesimpulan dari penelitian ini merupakan kata‐kata atau kalimat‐kalimat panjang. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah peran pengawas dalam meningkatkan kompetensi guru dilakukan dengan memberikan pembinaan yang dilakukan pada kegiatan Gugus Melati Kecamatan Sumberlawang. Guru yang aktif mengikuti pembinaan yang dilakukan di gugus Melati Kecamatan Sumberlawang telah memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas kegiatan belajar mengajar meskipun masih ada kekurangan.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | peran pengawas , kompetensi guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2013 11:48 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 02:00 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24315 |
Actions (login required)
View Item |