Andayani, Wahyuning Sri and , Dr. Eko Supriyanto, S.H, M.Hum and , Dr. Sabar Narimo,M.M.,M.Pd (2013) Membina Anak Tinggal Kelas Sekolah Dasar Negeri Bendosari Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo Jawa Tengah. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (145kB) |
|
|
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf Download (301kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf Download (61kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (154kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (97kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (177kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
||
PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (49kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (52kB) |
|
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitan ini adalah untuk (1) mendeskripsikan upaya sekolah untuk meningkatkan prestasi anak tinggal kelas di SD Negeri Bendosari kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. (2) mendeskripsikan upaya anak tinggal kelas di SD Negeri Bendosari kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo dalam meningkatkan prestasinya. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di SD N Bendosari, Kecamatan Gebang Kabupaten Purworejo. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah (1) Strategi yang dilakukan guru untuk meningkatkan prestasi anak tinggal kelas diawali dengan pembentukan tim pembinaan yang beranggotakan kepala sekolah, guru, guru senior, tim ahli, dan orang tua siswa tinggal kelas. Bentuk pembinaan siswa tinggal kelas adalah dengan mencari tahu masalah yang menjadi penyebab anak tinggal kelas diantaranya siswa mengalami kesulitan belajar, kurang aktif dalam KBM, susah konsentrasi, pengaruh dari teman. Pembinaan siswa tinggal kelas dilakukan melalui bimbingan akademik, bimbingan sosial pribadi dan juga bimbingan karir. Guru memberikan jam tambahan kepada siswa tinggal kelas yang dilakukan setelah jam pelajaran sekolah. Guru menjalin komunikasi dengan orang tua dan melakukan kunjungan kerumah siswa tinggal kelas (home visit). (2) Upaya yang dilakukan anak tinggal kelas untuk meningkatkan prestasinya adalah dengan duduk di barisan paling depan. Anak tinggal kelas aktif bertanya ketika proses belajar mengajar berlangsung, dan lebih konsentrasi ketika guru menjelaskan materi pelajaran, serta lebih aktif dalam mengerjakan tugas baik tugas kelompok maupun tugas individu.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | membina, anak tinggal kelas, strategi guru, upaya siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 13 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2013 11:37 |
Last Modified: | 28 Oct 2021 01:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24312 |
Actions (login required)
View Item |