Dewi, Kartika (2012) Peningkatan Kecerdasan Emosi Melalui Permainan Tradisional Jawa Gobag Sodor Pada Siswa SD Islam Al-Azhar 28 Solo Baru. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman depan)
Halaman_depan.pdf Download (849kB) |
|
|
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf Download (38kB) |
|
PDF (Bab II)
BAB_2.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab III)
BAB_3.pdf Restricted to Repository staff only Download (303kB) |
||
PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf Restricted to Repository staff only Download (132kB) |
||
PDF (Bab V)
BAB_5.pdf Restricted to Repository staff only Download (14kB) |
||
|
PDF (Daftar pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf Download (21kB) |
|
|
PDF (Naskah publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf Download (556kB) |
|
PDF (Lampiran)
Lampiran_Total.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
Abstract
Berdasarkan dokumentasi Guru BP Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru dari bulan Januari 2010 – Nopember 2011 terdapat 25 siswa yang memiliki kemampuan rendah dalam mengelola emosi, siswa terlihat mudah apatis,dan bahkan sering marah-marah dengan sebab yang tidak jelas sebanyak 8. Ditemukan juga perilaku anak yang mudah cemas ataupun mudah marah, sombong serta angkuh sebanyak 7 siswa. Ada juga anak yang kurang mampu memotivasi diri sendiri, tampak pada siswa yang kurang gigih dalam berusaha, mudah menyerah dan bahkan kurang percaya diri sebanyak 6 siswa. Minimnya perilaku mengenali emosi orang lain juga ditemukan pada 4 siswa di SD ini, seperti rendahnya empati, cuek dan tidak peduli dengan orang lain Perkembangan kecerdasan emosi dapat didukung melalui berbagai macam cara atau metode salah satunya adalah melalui permainan tradisional. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosi pada siswa Sekolah Dasar Islam Al-Azhar 28 Solo Baru dengan menggunakan metode permainan tradisional. Hipotesis yang diajukan adalah permainan tradisional Jawa Gobag Sodor dapat meningkatkan kecerdasan emosi pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan pendekatan “studi ”tes sebelum - tes sesudah” dengan kelompok kontrol”. Pengukuran kecerdasan emosi mengunakan skala kecerdasan emosi yang disusun berdasarkan teori Peter Salovey yang berjumlah 20 pertanyaan. Subjek penelitian siswa SD Islam Al-Azhar yang berusia 10-12 tahun baik laki-laki maupun perempuan yang memiliki kecerdasan emosi rendah. Dalam penelitian ini diambil subjek sebanyak 20 siswa yang dibagi secara subjek matching dalam 2 kelompok yaitu 10 orang kelompok kontrol dan 10 orang kelompok perlakuan. Analisis data menggunakan Paired Sample t-test. Berdasarkan analisis menunjukkan bahwa permainan tradisional Gobag Sodor efektif untuk meningkatkan kecerdasan emosi. Tidak ada perbedaan rata-rata kecerdasan emosi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat pre test. Ada perbedaan rata-rata kecerdasan emosi antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada saat post test pada aspek mengenali emosi diri, mengelola emosi diri, dan memotivasi diri. Dari kelima aspek dalam skala kecerdasan emosi, aspek yang mengalami peningkatan paling tinggi adalah aspek mengelola emosi diri.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecerdasan emosi, Permainan tradisional jawa, Gobag sodor |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Magister Profesi Psikologi |
Depositing User: | Edy Susilo |
Date Deposited: | 31 May 2013 11:06 |
Last Modified: | 31 May 2013 11:06 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24306 |
Actions (login required)
View Item |