Prapsiwi, Dwi and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dra. Wafroturrohmah, SE, MM. (2013) Pengelolaan Pembelajaran Anak Usia Dini (Studi Situs di TK Negeri Pembina Boyolali). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Naskah Publikasi)
02_Artikel_Publikasi.pdf Download (996kB) |
|
|
PDF (Halaman Depan)
00_Halaman_Depan.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF (Bab I)
03_BAB_I.pdf Download (240kB) |
|
PDF (Bab II)
04_BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (328kB) |
||
PDF (Bab III)
05_BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) |
||
PDF (Bab IV)
06_BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (974kB) |
||
PDF (Bab V)
07_BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
||
PDF (Bab VI)
08_BAB_VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (261kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (195kB) |
|
PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan karakteristik: 1) kurikulum pembelajaran; 2) Evaluasi pembelajaran; 3) setting kelas; 4) aktivitas mengajar; dan 5) aktivitas belajar Anak Usia Dini di TK Negeri Pembina Boyolali. Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif. Desain penelitian yang digunakan adalah etnografi. Objek penelitian berupa pengelolaan pembelajaran anak usia dini di TK Negeri Pembina Boyolali. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, mendalam, dan dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan model analisis interaktif yang mencakup tiga komponen utama, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (verifikasi). Validitas data dilakukan dengan teknik pengamatan secara terus menerus, trianggulasi data, dan pemeriksaan anggota. Penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Kurikulum dikembangkan berdasarkan visi dan misi. Kurikulum disusun oleh tim yang terdiri dari unsur sekolah dan komite sekolah di bawah supervisi UPTD Dikpora Kabupaten Boyolali. Struktur kurikulum mencakup pengembangan potensi peserta didik baik psikis maupun fisik; 2) Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan menggunakan format catatan anekdot (anecdotal record) dan SKH (Satuan Kegiatan Harian). Guru melaksanakan penilaian dengan mengacu pada kemampuan (indikator) yang hendak dicapai dalam satu satuan kegiatan. Hasil catatan penilaian yang ada dalam satuan kegiatan harian (SKH) dirangkum dan dipindahkan ke dalam format rangkuman penilaian perkembangan anak didik TK; 3) Setting ruangan kelas diatur berdasarkan tema yang dipelajari dan dilakukan dengan memperhatikan fleksibilitas area. Penataan ruang kelas diatur dengan memberikan akses ke ruang kerja anak, akses ke material atau alat permainan, dan dapat melayani perbedaan dan kebebasan individu anak dalam belajar; 4) Aktivitas guru terdiri dari menyambut peserta didik di depan gerbang sekolah, melaksanakan pembelajaran, hingga mengantar peserta didik ke depan gerbang sampai anak tersebut dijemput oleh orang tua masing-masing. Aktivitas lain yang dilakukan guru dalam pembelajaran PAUD adalah memilih strategi pembelajaran. Selain melaksanakan pembelajaran di dalam kelas, aktivitas guru dalam mengajar anak usia dini juga dilakukan di luar ruangan (outdoor); dan 5) Aktivitas belajar anak usia dini adalah berupa belajar sambil menari/ atau bergerak; menggambar/ mewarnai sambil belajar; dan menghafal kata sambil bertepuk tangan. Semua aktivitas yang dilakukan tersebut merupakan aktivitas bermain sambil belajar.
Item Type: | Karya ilmiah (Thesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pengelolaan pembelajaran, anak usia dini |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Users 1514 not found. |
Date Deposited: | 31 May 2013 05:49 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 03:52 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24302 |
Actions (login required)
View Item |