ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN ATRIBUT MARKETING MIX PADA MINIMARKET MOHAN SURAKARTA

Tunjungsari, Jilly Paramitha (2008) ANALISIS HUBUNGAN KARAKTERISTIK KONSUMEN DENGAN ATRIBUT MARKETING MIX PADA MINIMARKET MOHAN SURAKARTA. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img] PDF
B100040018.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan karakteristik konsumen (umur, pendidikan, pekerjaan, pendapatan) dengan atribut marketing mix (produk, harga, distribusi, promosi) dalam memutuskan pembelian pada minimarket Mohan Surakarta dan mengetahui karakteristik konsumen dan atribut marketing mix yang mempunyai hubungan paling kuat dalam memutuskan pembelian pada minimarket Mohan Surakarta. Sehingga dari hasil penelitian diharapkan menjadi pertimbangan bagi perusahaan dalam mengambil strategi pemasaran yang tepat dalam menghadapi persaingan, khususnya yang berkaitan dengan perilaku konsumen dan dipakai oleh pihak lain sebagai tambahan pengetahuan bagi pihak lain yang ingin mengetahui dan mempelajari masalah perilaku (sikap) konsumen terhadap marketing mix. Penelitian ini merupakan penelitian survey terhadap konsumen minimarket Mohan Surakarta dengan menggunakan alat analisis korelasi. Populasi dalam penelitian adalah seluruh obyek yang telah atau hendak melakukan keputusan pembelian di minimarket Mohan Surakarta, sedangkan besarnya sampel yang diharapkan dapat mewakili populasi ideal adalah sebesar 100 responden yang teknik pengambilan sampelnya menggunakan convenience sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Karakteristik konseumen mempunyai hubungan yang positif dengan atribut marketing mix dalam keputusan pembelian. Untuk hubungan antara usia dengan produk diperoleh thitung = 3,967 > 1,660; untuk hubungan antara usia dengan harga diperoleh nilai thitung = 3,034 > 1,660; untuk hubungan antara variabel usia dengan distribusi diperoleh nilai thitung = 2,932 > 1,660 dan untuk hubungan antara variabel usia dengan promosi diperoleh nilai thitung = 1,563 < 1,660. Hal ini menunjukkan bahwa usia mempunyai hubungan positif dan signifikan dengan produk, harga, distribusi dan promosi. Untuk hubungan antara variabel pendidikan dengan produk diperoleh nilai thitung = 2,798 > 1,660; untuk hubungan antara variabel pendidikan dengan harga diperoleh nilai thitung = 3,251 > 1,660; untuk hubungan antara variabel pendidikan dengan distribusi diperoleh nilai thitung = 2,578 > 1,660. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan produk, harga dan distribusi. Sementara untuk hubungan antara variabel pendidikan dengan promosi diperoleh nilai thitung = 1,166 < 1,660; sehingga pendidikan tidak mempunyai hubungan yang positif dan signifikan terhadap promosi. Untuk hubungan antara variabel pekerjaan dengan produk diperoleh nilai thitung = 3,170 > 1,660; untuk hubungan antara variabel pekerjaan dengan harga diperoleh nilai thitung = 2,754 > 1,660; untuk hubungan antara variabel pekerjaan dengan distribusi diperoleh nilai thitung = 2,084 > 1,660 dan untuk hubungan antara variabel pekerjaan dengan promosi diperoleh nilai thitung = 2,254 > 1,660. Hal ini menunjukkan bahwa pekerjaan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan produk, harga, distribusi dan promosi. Untuk hubungan antara variabel pendapatan dengan produk diperoleh nilai thitung = 4,974 > 1,660; untuk hubungan antara variabel pendapatan dengan harga diperoleh nilai thitung = 2,754 > 1,660; untuk hubungan antara variabel pendapatan dengan promosi diperoleh nilai thitung = 2,169 > 1,660. Hal ini menunjukkan bahwa pendapatan mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan produk, harga dan promosi. Sementara untuk hubungan antara variabel pendapatan dengan distribusi diperoleh nilai thitung = 1,116 < 1,660; sehingga pendapatan tidak mempunyai hubungan yang signifikan dengan distribusi dalam melakukan keputusan pembelian. Hubungan antara pendapatan dengan produk merupakan faktor yang paling kuat dalam mempengaruhi konsumen untuk melakukan keputusan pembelian di Minimarket Mohan Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: usia, pendidikan, pekerjaan, pendapatan, produk, harga, distribusi, promosi.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 19 Aug 2008 02:59
Last Modified: 02 Feb 2011 05:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/243

Actions (login required)

View Item View Item