Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Tematik di Kelas 1 RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012

Sumiyati, Atik and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Suyatmini, SE, M.Si (2013) Pengelolaan Pembelajaran Berbasis Tematik di Kelas 1 RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (273kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (903kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (75kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (174kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (108kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran berbasis tematik di kelas 1 RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. (2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran berbasis tematik di kelas 1 RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. (3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran berbasis tematik di kelas 1 RSDBI Purworejo Tahun Pelajaran 2011/2012. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di RSDBI Purworejo. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, dan guru. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility, transferability, dependability, dan confermability. Hasil penelitian (1) Tahap perencanaan dilakukan oleh masing-masing guru kelas dengan melakukan kegiatan pemetaan kompetensi dasar. Kegiatan pemetaan ini dilakukan untuk memperoleh gambaran secara menyeluruh dan utuh semua standar kompetensi, kompetensi dasar dan indikator dari mata pelajaran yang dipadukan. Selanjutnya adalah penentuan tema yang disesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar yang ada pada mata pelajaran yang akan diajarkan. Tahapan selanjutnya adalah pembuatan jaringan tema yang berdasarkan kompetensi dasar dan indikator dari mata pelajaran yang akan diajarkan. Tahapan terakhir dari perencanaan pembelajaran tematik adalah silabus dan RPP. (2) Pelaksanaan pembelajaran tematik dilakukan melalui 3 tahapan. Kegiatan Pendahuluan dapat dilakukan penggalian terhadap pengalaman anak tentang tema yang akan disajikan dengan melakukan persiapan kelas, memberikan motivasi kepada siswa, guru memberitahukan kepada siswa apa yang akan dipelajari dan apa tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Dalam kegiatan inti guru melakukan eksplorasi pengetahuan siswa melalui penyajian materi pembelajaran oleh guru. Kegiatan akhir adalah kegiatan penutup yaitu merangkum materi pembelajaran yang telah dipelajari.(3) Evaluasi pembelajaran tematik di SDN Purworejo dilakukan sebanyak tiga kali yaitu di awal KBM, pada saat KBM, dan di akhir KBM. Kegiatan evaluasi dilakukan dalam bentuk tertulis dan tidak tertulis. Evaluasi dalam bentuk tertulis (evaluasi normatif) dinilai dari sikap dan perbuatan siswa setelah mengikuti proses belajar mengajar di kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran tematik, perencanaan, pelaksanaan, evaluasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 31 May 2013 05:16
Last Modified: 21 Oct 2021 03:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24299

Actions (login required)

View Item View Item