Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Wonosari)

Rahayuningsih, Rr. Pamuji Rus and , Prof. Dr. Sutama, M.Pd and , Dr. Suyatmini, M.Si (2013) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran (Studi Kasus Sekolah Dasar Negeri Wonosari). Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (206kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAM_DEPAN.pdf

Download (305kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (86kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) kepemimpinan kepala sekolah dalam perencanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Wonosari,(2)kepemimpinan kepala sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Wonosari, dan (3) kepemimpinan kepala sekolah dalam mengevaluasi atau mengawasi jalannya pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Wonosari. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Wonosari. Subjek utama dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa di Sekolah Dasar Negeri Wonosari. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini meliputi credibility (validitas internal), transferability(validitas eksternal), dependability (reabilitas), dan confermability (objektivitas). Hasil dari penelitian ini (1) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam perencanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Wonosari ini menerapkan gaya kepemimpinan yang demokratis, luwes, responsiv (cepattanggap), open (terbuka),membimbing, supel, bijaksana, kekeluargaan dan kebersamaan yang bisa mengayomi anak buahnya. (2 Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam pelaksanaan pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Wonosari ini dilakukan dengan menggunakan metode yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran adalah menggunakan metodeceramah, demonstrasi, diskusi, pemberian tugas serta siswa aktif melakukan praktik, STAD, metode CTL. Selain itu dalam pelaksanaan pembelajaran Kepala Sekolah di Sekolah Dasar Negeri Wonosari sudah sesuai dengan SK dan KD. (3) Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam mengevaluasi atau mengawasi jalannya pembelajaran di Sekolah Dasar Negeri Wonosari ini dilakukan dengan cara tes formatif, sumatif danjugahasilpraktik yang telahdilakukansiswa. Kemudian Kepala Sekolah dibantu oleh guru melakukan monitoring dalam mengajar secara berkala. Selain itu Kepala Sekolah melakukan evaluasi setiap selesai 1 Kompetensi Dasar atau 1 Stándar Kompetensi.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Users 1514 not found.
Date Deposited: 30 May 2013 06:13
Last Modified: 20 Oct 2021 06:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24285

Actions (login required)

View Item View Item