Pengelolaan Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 2 Purworejo

Sutoyo, Sutoyo and , Dr. Eko Supriyanto, SH., M.Hum. and , Dr. Sabar Narimo, M.M., M.Pd (2013) Pengelolaan Kegiatan Pramuka di SMK Negeri 2 Purworejo. Thesis thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Atribut.pdf

Download (547kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (41kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (109kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (110kB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan (1) penanaman karakter dalam kegiatan pramuka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Purworejo. (2) karakteristik materi dalam kegiatan pramuka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Purworejo. (3) karakteristik aktivitas siswa dalam kegiatan pramuka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Purworejo. (4) karakteristik penilaian dalam kegiatan pramuka di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Purworejo. Jenis Penelitian ini adalah kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisa data diawali dari (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan kredibilitas, tranferabilitas, konfirmabilitas dan dependabilitas. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa (1) Penanaman karakter dalam kegiatan pramuka di SMKN 2 Purworejo dilakukan secara terintegrasi dengan semua kegiatan pramuka baik melalui penyampaian materi ataupun program pendukung. 18 jenis nilai karakter yang diberikan dengan memperhatikan 10 pilar kode kehormatan dengan menggunakan sistem among. Program pendamping diselenggarakan sekolah dalam menanamkan nilai karkater seperti public speaking untuk nilai komunikasi. (2) Materi kegiatan pramuka di SMKN 2 Purworejo diambilkan dari berbagai sumber dan diberikan tanpa ada unsurr militer. Materi wajib yang harus dikuasai anggota dewan penegak adalah materi dasar kepramukaan yang diambilkan dari buku SKU. Selain materi wajib juga diberikan materi khusus yaitu Saka Kencana yang berisi tentang pengetahuan keterampilan praktis dan bakti masyarakat. (3) Siswa aktif dalam kegiatan pramuka di SMKN 2 Purworejo. Keaktifan tersebut ditunjukkan dengan mengikuti latihan rutin setiap minggunya. Siswa tidak hanya melakukan aktivitas individual saja, namun juga melakukan kegiatan kelompok di masing-masing sangga. (4) Penilaian dalam kegiatan pramuka di sekolah SMKN 2 Purworejo dilakukan secara menyeluruh baik penialian kemampuan anggota dewan penegak maupun penilaian program. Penialain untuk kemampuan dewan penegak mencakup aspek kepramukaan yang tertera dalam buku SKU. Penilaian praktik kelompok meliputi kerjasama, tanggung jawab, kedisiplinan, kepemimpinan, keberanian, kesopanan, sosial, dan juga kemampuan fisik anggota penegak. Sedangkan penilaian program dilakukan dengan melihat laporan kinerja masingmasing seksi dewan penegak dan juga melalui penerimaan saran dan kritik.

Item Type: Karya ilmiah (Thesis)
Uncontrolled Keywords: pramuka, materi, aktivitas, penilaian, penanaman
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Pasca Sarjana > Magister Administrasi Pendidikan
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 May 2013 09:01
Last Modified: 20 Oct 2021 04:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24280

Actions (login required)

View Item View Item