Konsep Pendidikan Akhlak Tasawuf Menurut Nurcholish Madjid

Khoirudin, Azaki and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2013) Konsep Pendidikan Akhlak Tasawuf Menurut Nurcholish Madjid. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (244kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (580kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (284kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (530kB)

Abstract

Kehidupan modern tampil dalam dua wajah yang antagonistik. Di satu pihak modernisme telah berhasil mewujudkan kemajuan yang spektakuler dalam bidang sain dan teknologi. Di sisi lain, ia telah menampilkan wajah kemanusiaan yang buram berupa manusia modern yang mengalami kesengsaraan ruhaniah. Masalah yang fundamental adalah pendidikan mengalami materialisasi tujuan. Keberhasilan pendidikan hanya berorientasi kuantitatif lulusan dan orientasi lapangan kerja. Akibatnya, krisis terbesar di dunia saat ini adalah krisis akhlak. Menurut Nurcholish Madjid, permasalahan pendidikan sekarang adalah bahwa lembaga-lembaga pendidikan masih didominasi oleh lahiriyah fikih dan kalam, sehingga, seorang murid lebih paham tentang syarat dan rukun ibadah, tanpa mengetahui apa apa makna ibadah bagi pembentukan pribadi. Karena dominasi kalam, murid lebih mampu membuktikan bahwa Tuhan ada, tanpa memiliki keinsafan yang mendalam tentang apa makna kehadiran Tuhan dalam kehidupan. Oleh karena itu, kehadiran pendidikan akhlak tasawuf sangat diperlukan. Penelitian ini bermaksud mendeskripsikan konsep pendidikan akhlak tasawuf menurut Nurcholish Madjid dan relevansinya dengan pendidikan Islam secara teoritis dan praksis. Studi ini termasuk jenis penelitian kepustakaan (library research) Sumber data menggunakan berupa karya-karya Nurcholish Madjid. Dalam menganalisis data, penelitian ini menggunakan metode interpretasi, metode koherensi intern, dan metode deskriptif serta pendekatan historis-filosofis. Hasil penelitian menunjukan sebagai berikut: Hakikat pendidikan akhlak tasawuf menurut Nurcholish Madjid adalah penjabaran takwa yang dikaitkan dengan ihsan. Tujuannya ialah menumbuhkan dan meningkatkan potensi peserta didik menuju akhlak “tiruan” dari “akhlak Tuhan”, yakni menghasilkan manusia yang berakhlaklah dengan akhlak Allah”. Materi dibagi sesuai dengan jenjang pendidikan, yaitu Madrasah, Tsanawiyah, dan Aliyah. Metode pendidikan akhlak tasawuf yang disarankan Nurcholis adalah menggunakan metode hikmah ibadah dan keteladanan. Konsep pendidikan akhlak tasawuf Nurcolish Madjid memiliki relevansi dengan teori dan praksis pendidikan Islam. Terutama dalam memberikan rekomendasi terhadap pengembangan kurikulum pendidikan Islam. Dalam tiga domain kurikulum, yaitu kognitif (ilmu), psikomotor (amal), dan afektif (akhlak), kehadiran konsep pendidikan akhlak tasawuf memberikan pengembangan dengan menambahkan satu domain, yaitu domain spiritual (iman). Pada sisi ini, pendidikan akhlak tasawuf Nurcholish Madjid memberikan sumbangsih terhadap teori dan praksis pendidikan Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan, Akhlak Tasawuf, dan Nurcholish Madjid
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Users 10 not found.
Date Deposited: 11 May 2013 07:31
Last Modified: 29 Oct 2021 05:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24112

Actions (login required)

View Item View Item