Hidayati, Nur Rohma Sri (2012) Usaha Bimbingan Konseling Islami Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
|
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf Download (130kB) |
|
PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf Restricted to Repository staff only Download (285kB) |
||
PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) |
||
PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf Restricted to Repository staff only Download (78kB) |
||
|
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka_.pdf Download (62kB) |
|
PDF (Lampiran)
10._lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
||
|
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pada dasarnya pendidikan merupakan proses untuk membantu manusia dalam mengembangkan dirinya sehingga mampu menghadapi setiap perubahan yang terjadi. Keberadaan bimbingan konseling di lembaga pendidikan yang mengatasnamakan Islam dalam menjalankan tugas bimbingannya tentu harus berpegang teguh pada ajaran Islam yang baik. Salah satu tugas guru BK adalah membantu meingkatkan motivasi belajar. Motivasi adalah keadaan internal organisme (manusia ataupun hewan) yang mendorongnya untuk berbuat sesuatu. Bagaimana usaha bimbingan konseling Islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta, serta adakah hambatan dalam melaksanakan usahanya itu merupakan sesuatu yang perlu kita ketahui. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui usaha bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta serta mengetahui hambatan bimbingan konseling dalam meningkatkan motivasi belajar. Manfaat penelitian ini adalah menambah khasanah pengetahuan dan wawasan mengenai pendidikan, terutama cara-cara peningkatan motivasi belajar siswa yang dilakukan BKI di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Sumber data yang diperoleh dari data primer, yaitu dari sampel siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 4 Surakarta dan guru BK, serta dari data sekunder (buku-buku, jurnal dan penelitian sebelumnya yang menjadi reverensi). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu setelah data terkumpul, kemudian dilakukan reduksi data kemudian data tersebut disajikan secara narasi, kemudian dilakukan verifikasi data. Kesimpulan dari penelitian ini adalah usaha yang dilakukan bimbingan konseling Islami dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan cara meningkatkan gairah belajar siswa, memberikan harapan yang realistis, memberikan insentif, serta memberikan pengarahan untuk melangkah lebih maju dan sesuai dengan ajaran agama Islam. Langkah-langkah yang digunakan bimbingan konseling dalam usaha mengatasi masalah siswa sehingga tercipta sikap dan belajar yang baik yaitu dengan; (1) Mengidentifikasi masalah siswa. (2) Mencari latar belakang masalah yang dihadapi siswa. (3) Memberikan bantuan berupa bimbingan belajar dan sosial. Motivasi belajar siswa di SMP Muhammadiyah 4 Surakarta setelah mendapatkan bimbingan dan konseling Islami dapat dikatakan sudah ada peningkatan dengan ditandai siswa tidak lagi melanggar peraturan sekolah serta tidak ada masalah dalam belajar, prestasi mulai meningkat.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Islami dan Motivasi Belajar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Users 10 not found. |
Date Deposited: | 11 May 2013 07:08 |
Last Modified: | 11 May 2013 08:41 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24108 |
Actions (login required)
View Item |