Hubungan Indeks Massa Tubuh Dan Volume Oksigen Maksimal (VO2 Maks) Dengan Metode Queen’s College Step Test Pada Remaja Usia 13 – 15 Tahun Di SMPN 4 Sukoharjo

Wulandari, Dewi Putri and , Agus Widodo, SSt. Ft, M. Fis and , Umi Budi Rahayu, SSt. Ft. SPd. M. Kes (2013) Hubungan Indeks Massa Tubuh Dan Volume Oksigen Maksimal (VO2 Maks) Dengan Metode Queen’s College Step Test Pada Remaja Usia 13 – 15 Tahun Di SMPN 4 Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (920kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (30kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_Naskah_Publikasi.pdf

Download (93kB)

Abstract

Latar Belakang : Indeks massa tubuh (IMT) adalah nilai yang diambil dari perhitungan antara berat badan (BB) dan tinggi badan (TB) seseorang. Interpretasi IMT tergantung pada umur dan jenis kelamin anak, karena anak lelaki dan perempuan memiliki lemak tubuh yang berbeda. Tujuan : Untuk mengetahui hubungan indeks massa tubuh dan Volume Oksigen Maksimal (VO2 Maks) dengan metode Queen’s College Step Test pada remaja usia 13 – 15 tahun di SMPN 4 Sukoharjo. Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah Observasional. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Metode pendekatan yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah survei cross sectional, artinya peneliti mempelajari korelasi antara Indeks Massa Tubuh (IMT) terhadap kebugaran jasmani responden pada satu saat / point time approach Hasil : Hasil uji statistik menunjukkan tidak adanya hubungan antara Indeks Massa Tubuh dengan VO2 Maks siswa di SMPN 4 Sukoharjo dengan nilai p=0,779. Hasil penelitian yang menyimpulkan bahwa terdapat hubungan negatif dengan korelasi yang sedang pada anak laki-laki dan tidak terdapat hubungan pada anak perempuan antara IMT dengan VO2 Maks dengan nilai r<0,05 dan r>0,05. Kesimpulan : Tidak ada hubungan antara Indeks Massa Tubuh (IMT) dan Volume Oksigen Maksimal (VO2 Maks) dengan metode Queen’s College Step Test pada remaja usia 13 – 15 tahun di SMPN 4 Sukoharjo.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Indeks Massa Tubuh (IMT), Volume Oksigen Maksimal (VO2 Maks) pada remaja usia 13-15 tahun.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 10 May 2013 12:32
Last Modified: 26 Apr 2016 03:43
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24098

Actions (login required)

View Item View Item