FU’AD , FU’AD (2008) HUBUNGAN ANTARA SIKAP SISWA TERHADAP LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DENGAN PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMP AKSELERASI. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
F100980242.pdf Download (192kB) |
|
PDF
F100980242.pdf Restricted to Repository staff only Download (484kB) |
Abstract
Pendidikan bertujuan untuk mencapai perkembangan siswa yang optimal atau dengan kata lain pendidikan bertujuan untuk membentuk kepribadian siswa bukan sekedar untuk mencari ilmu pengetahuan semata. Ilmu pengetahuan hanyalah alat untuk mencapai tujuan pendidikan. Oleh karena itu guna mencapai hasil yang maksimal dibutuhkan pelaksanaan fungsi pendidikan yang professional dalam arti pelaksanaan fungsi tersebut benar – benar mampu melaksanakan tugas yang dibebankan sekolah. Lebih – lebih pada sekolah yang berbasis akselerasi maka dibutuhkan guru, petugas administrasi serta layanan bimbingan dan konseling yang mampu bertugas dan berperan serta menguasai bidangnya masing – masing. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui : (1). Hubungan antara sikap terhadap layanan bimbingan dan konseling dengan prestasi belajar pada siswa SMP kelas Akselerasi, (2). Sumbangan sikap terhadap layanan bimbingan dan konseling pada prestasi belajar siswa SMP kelas Akselerasi, (3). Kondisi sikap terhadap layanan bimbingan dan konseling pada siswa SMP kelas Akselerasi, (4). Kondisi prestasi belajar pada siswa SMP kelas Akselerasi. Subyek penelitian adalah siswa – siswi SMP Negeri 1 Wonogiri kelas Akselerasi yang berjumlah 36. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan skala dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis korelasi product moment dari pearson, alasannya karena ada dua dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel tergantung. Berdasarkan hasil analisis data dengan menggunakan teknik product moment pearson maka hasil penghitungan diperoleh nilai koefisien korelasi (r) sebesar -0,063; p=0,717 (p>0,01). Hasil ini menunjukkan adanya hubungan negative antara sikap terhadap layanan bimbingan dan konseling dengan prestasi belajar. Sumbangan efektif variabel sikap terhadap bimbingan dan konseling terhadap prestasi belajar sebesar 00,4 % yang ditunjukkan oleh koefisien determinan (r2) sebesar 0,004. Hal ini berarti masih terdapat 99,6 % variable lain yang mempengaruhi prestasi belajar diluar variable sikap terhadap bimbingan dan konseling misalnya pengalaman, perasaan, kemampuan berpikir dan motifasi. Berdasarkan hasil analisis diketahui variable sikap terhadap bimbingan dan konseling mempunyai rerata empiric sebesar 226,389 dan rerata hipotetik sebesar 195 yang berarti sikap siswa terhadap bimbingan dan konseling pada subyek penelitian tergolong rendah. Akan tetapi prestasi belajar subjek tergolong tinggi dengan ditunjukkan oleh rerata empiric (ME) sebesar 83,375.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sikap siswa terhadap layanan Bimbingan dan Konseling, Prestasi belajar, Korelasi |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Psikologi |
Depositing User: | Ari Fatmawati |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 07:49 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 23:16 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2408 |
Actions (login required)
View Item |