Pemodelan Arahan Fungsi Kawasan Lahan Untuk Evaluasi Penggunaan Lahan Eksisting Menggunakan Data Penginderaan Jauh Di Sub Daerah Aliran Sungai Opak Hulu

Rukmana, Mousafi Juniasandi and , Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M. Si and , Jumadi, S.Si., M.Sc. (2013) Pemodelan Arahan Fungsi Kawasan Lahan Untuk Evaluasi Penggunaan Lahan Eksisting Menggunakan Data Penginderaan Jauh Di Sub Daerah Aliran Sungai Opak Hulu. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (439kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (185kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
JURNAL_PUBLIKASI_KARYA_ILMIAH.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk membuat peta penggunaan lahan sub DAS Opak Hulu dengan menggunakan citra penginderaan jauh ALOS AVNIR-2 dan WorldView-2, membuat peta arahan fungsi kawasan di sub DAS Opak Hulu untuk mengetahui dan mengevaluasi kesesuaian penggunaan lahan eksisting di sub DAS Opak Hulu terhadap arahan fungsi pemanfaatan lahan yang telah dibuat. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif berjenjang dengan mengoverlaykan parameter kemiringan lereng, jenis tanah, intensitas curah hujan, sempadan sungai dan mata air serta kawasan rawan bencana lahar dingin. Survey lapangan untuk uji sampel sebanyak 28 titik dan uji ketelitian terhadap hasil interpretasi. Arahan Fungsi Kawasan dihasilkan dari overlay parameter dengan penggunaan lahan eksisting di sub DAS Opak Hulu untuk mengetahui kesesuaian dan arahan fungsi kawasannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada sub DAS Opak Hulu, fungsi kawasan budidaya tanaman semusim dan permukiman memiliki luas wilayah terbesar yaitu 69,62 km2 atau 49% dari luas total sub DAS Opak Hulu. Fungsi kawasan budidaya tanaman tahunan memiliki luasan terendah, yaitu 0,38 km2 atau 0,27% dari luas total. Sebanyak 97,58 km2 atau 69% dari luas total sub DAS, penggunaan lahan di sub DAS Opak Hulu telah sesuai dengan arahan fungsi kawasan lahannya. Penggunaan lahan di sub DAS Opak Hulu yang tidak sesuai dengan Arahan Fungsi Kawasan Lahan mencapai 31% atau seluas 44,83 km2.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Arahan Fungsi Kawasan Lahan, Penggunaan Lahan, Daeah Aliran Sungai (DAS)
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 07 May 2013 11:11
Last Modified: 07 Nov 2021 14:30
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/24053

Actions (login required)

View Item View Item