Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah Dengan Variabel Moderator Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik (Study Empiris di DPRD Klaten)

Alfiandry, Assegaf Dio and , Dra. Rina Trisnawati, Ak, M.Si, Ph.D (2013) Pengaruh Pengetahuan Dewan Tentang Anggaran Terhadap Pengawasan Keuangan Daerah Dengan Variabel Moderator Partisipasi Masyarakat Dan Transparansi Kebijakan Publik (Study Empiris di DPRD Klaten). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (167kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (54kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (40kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (52kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)

Abstract

Upaya penyelenggaraan pemerintah daerah yang mengedepankan akuntabilitas dan transparansi memerlukan internal kontrol yang baik serta dapat dipertanggungjawabkan. Dalam hal ini peran DPRD akan menjadi semakin meningkat dalam mengontrol kebijaksanaan pemerintah daerah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dewan tentang anggaran terhadap pengawasan keuangan daerah dengan partisipasi masyarakat dan transparansi kebijakan publik sebagai variabel moderating. Penelitian ini termasuk jenis penelitian survei yang menggunakan data primer dari kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota DPRD Kabupaten Klaten. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh anggota DPRD Kabupaten Klaten (penelitian populasi). Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik dianalisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, asumsi klasik, dan analisis regresi berganda, uji t, uji F, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pengetahuan anggaran berpengaruh signifikan terhadap tingkat pengawasan keuangan daerah. Hal ini terbukti dari hasil analisis koefisien regresi parsial yang memperoleh thitung > ttabel (3,016 > 2,042) pada taraf signifikansi 5% (p<0,05); (2) Partisipasi masyarakat merupakan variabel moderating yang berpengaruh terhadap hubungan antara pengetahuan anggaran dengan pengawasan keuangan daerah. Hal ini terbukti dari hasil analisis koefisien regresi yang memperoleh thitung > ttabel (3,131 > 2,042) pada taraf signifikansi 5% (p<0,05); (3) Transparansi kebijakan publik bukan sebagai variabel moderating yang berpengaruh terhadap hubungan antara pengetahuan anggaran dengan pengawasan keuangan daerah. Hal ini terbukti dari hasil analisis koefisien regresi yang memperoleh thitung < ttabel (-1,356 < 2,042) pada taraf signifikansi 5% (p>0,05).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pengetahuan dewan tentang anggaran, pengawasan keuangan daerah, partisipasi masyarakat, transparansi kebijakan publik, variabel moderating
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 29 Apr 2013 06:23
Last Modified: 16 Nov 2021 01:36
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/23883

Actions (login required)

View Item View Item