LESTARI, Mariana Dwi (2008) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM SOLVING DI KELAS V SDN II SONOHARJO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
|
PDF
A410040062.pdf Download (143kB) |
|
PDF
A410040062.pdf Restricted to Repository staff only Download (829kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran matematika sub pokok bahasan KPK dan FPB, 2) meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bersifat kolaboratif antara peneliti dan guru matematika sebagai pelaku tindakan kelas. Subjek penelitian yang dikenai tindakan adalah siswa kelas V SDN II Sonoharjo yang berjumlah 24 siswa. Data dikumpulkan melalui metode observasi,metode dokumentasi, catatan lapangan, dan metode tes. Teknik analisis data secara deskriptif kualitatif dengan metode alur yaitu data dianalisis sejak tindakan pembelajaran dilaksanakan dan dikembangkan selama proses pembelajaran, alur yang dilalui meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun langkah langkah pembelajaran dengan pendekatan problem solving adalah sebagai berikut : 1) Guru menjelaskan materi yang akan dipelajari dalam proses pembelajaran, 2) Guru memberikan contoh soal kemudian menjawab dengan pendekatan problem solving, 3) Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok dan setiap kelompok diberi soal yang sama, 4) Setelah selesai jawaban ditukarkan pada kelompok lain dan setiap kelompok maju untuk mengerjakan soal di depan kelas, 5) Guru membahas jawaban yang telah dikerjakan siswa dan mempersilakan siswa untuk bertanya tentang hal-hal yang belum jelas. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan : (1) melalui pendekatan problem solving dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar matematika yang meliputi : (a) keaktifan siswa mengerjakan soal di depan kelas sebanyak 19 siswa (79,2%), (b) keaktifan siswa dalam bertanya sebanyak 17 siswa (70,8%), (c) keaktifan siswa dalam mengemukakan ide/ gagasan sebanyak 16 siswa (66,7%), (d) dan keaktifan siswa dalam mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru sebanyak 20 siswa (83,3%). (2) Peran aktif siswa dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang ditujukan dengan adanya peningkatan ketuntasan belajar siswa sebesar 79,2%.
Item Type: | Karya ilmiah (Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keaktifan, Problem Solving |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Esti Handayani |
Date Deposited: | 10 Jun 2009 06:29 |
Last Modified: | 16 Nov 2010 23:25 |
URI: | http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/2388 |
Actions (login required)
View Item |